10 Aplikasi Perpustakaan Digital Gratis Berbasis Web dan Android

aplikasi perpustakaan digital

10 Aplikasi Perpustakaan Digital Gratis Berbasis Web – Di era teknologi informasi ini semua informasi dapat tersebar dengan cepat. Semua lini kehidupan merasakan dampak perkembangan teknologi informasi ini termasuk perpustakaan. Perpustakaan di era saat ini jika tidak menerapkan teknologi informasi tentu akan ditinggal oleh pengguanya. Untuk itu, perpustakaan harus mampu menghadirkan pelayanan daring salah satunya menyediakan pelayanan digital. Kehadiran perpustakaan digital tentunya akan menjadi nilai tambah perpustakaan terlebih jika perpustakaan dapat menyediakan pelayanan digital berbasis web dan pelayanan digital berbasis android/IOS yang dapat diakses oleh pengguna dari mana saja dan kapan saja selama terhubung dengan internet.

Pengertian Aplikasi Perpustakaan Digital

Penerapan perpustakaan digital tidak terlepas dari sistem informasi perpustakaan atau dikenal dengan sistem automasi perpustakaan. Tidak mungkin perpustakaan dapat beralih atau menyediakan pelayanan digital namun perpustakaan tersebut belum menerapkan sistem automasi pada kerumahtanggannya. Maka dari itu, penerapan aplikasi perpustakaan digital erat kaitannya dengan sistem automasi.

Baca Juga : Sistem Automasi Untuk Perpustakaan

Aplikasi perpustakaan digital adalah seperangkat aplikasi yang dibuat oleh perpustakaan untuk menyediakan layanan koleksi secara digital (elektronik). Biasanya perpustakaan yang sudah menyebut diri sebagai perpustakaan digital akan menghilangkan pelayanan secara fisik. Namun di Indonesia sendiri, perpustakaan lebih memilih kedalam istilah perpustakaan Hybrid, yakni menyediakan layanan fisik dan juga layanan digital untuk alternatif.

Di era new normal ini, memiliki aplikasi perpustakaan digital tentu menjadi keunggulan suatu perpustakaan agar tetap menjangkau pengguna secara daring. Maka dari itu, saat ini banyak perpustakaan yang berlomba-lomba untuk membuat perpustakaan digital berbasis web maupun perpustakaan digital berbasis android.

Dengan Perpustakaan digital, pengguna dapat mengakses berbagai koleksi perpustakaan seperti ebook, eskripsi, ejournals, emagazines, ebulletin dan sebagainya dari mana saja dan kapan saja secara online. Jadi, keuntungan kita menggunakan aplikasi perpustakaan digital adalah menghemat waktu untuk berkunjung ke Perpustakaan namun tetap bisa membaca koleksi seperti ebook secara gratis. Tentunya dengan adanya syarat dan ketentuan yang berlaku pada perpustakaan masing-masing jika kita ingin melakukan peminjaman atau mendownload buku.

Aplikasi Perpustakaan Digital Berbasis Web

Sesuai dengan namanya, aplikasi perpustakaan digital berbasis web merupakan penerapan aplikasi perpustakaan yang berperan untuk menyediakan koleksi-koleksi agar dapat diakses secara daring/online menggunakan smartphone maupun komputer melalui web browser sebagai media utama pengaksesnya. Biasanya perpustakaan digital berbasis web ini dapat diakses dengan mengetikkan alamat url/domain di web browser.

Saat ini, penerapan aplikasi perpustakaan digital berbasis web merupakan yang paling banyak diterapkan oleh perpustakaan. Pasalnya, penerapan aplikasi dengan model ini tidak membutuhkan keahlian khusus untuk membangun dan mengelola sehingga dapat ditangani oleh Perpustakaan secara mandiri.

Contoh aplikasi perpustakaan digital berbasis web ini cukup beragam, mulai dari repository institusi yang menyediakan koleksi internal civitas akademik (biasanya kampus dan lembaga penelitian) dan juga Aplikasi Katalog ebook (ebrary) yang dapat diakses oleh anggota maupun non anggota.

Aplikasi Perpustakaan Digital Berbasis Android/IOS

Seperti kita ketahui, data menjelaskan bahwa dua pertiga populasi dunia saat ini menggunakan smartphone. Ini berarti sekitar 60% dari total jumlah populasi dunia yaitu 7,594 Miliar jiwa menggunakan smartphone. Pasar perpustakaan pun sudah selayaknya berubah dari penyediaan layanan fisik ke penyediaan layanan digital sebagai alternatif pengguna perpustakaan yang menggunakan smartphone (mobile).

Berbeda dengan perpustakaan digital berbasis web, perpustakaan digital yang berbasis android/IOS ini mengharuskan pengguna untuk melakukan instalasi terlebih dahulu pada smartphone mereka jika ingin menggunakan perpustakaan digital tersebut. Walaupun tergolong inovasi baru, penerapan aplikasi perpustakaan digital android ini dapat menjadi keunggulan sendiri dibanding perpustakaan lain.

Faktanya, pengguna akan terus mengingat Perpustakaan jika pada smartphone mereka sudah terinstall aplikasi milik kita. Namun untuk penerapannya dibutuhkan keahlian dan sumber daya manusia yang cukup ahli dibidang nya. Sehingga tidak dapat ditangani sendiri oleh Perpustakaan. Saat ini sudah banyak aplikasi perpustakaan yang sudah dapat diinstall melalui google playstore (android) maupun appstore (IOS) secara gratis.

10 Aplikasi Perpustakaan Digital Gratis web dan Android

Setelah kita mengetahui berbagai macam aplikasi perpustakaan digital berbasis web maupun berbasis android, sekarang admin akan memberikan beberapa contoh aplikasi perpustakaan digital gratis. Kenapa gratis, karena tidak sedikit aplikasi perpustakaan menyediakan layanan berbayar. Maka dari itu, contoh aplikasi perpustakaan digital gratis ini diharapkan dapat menjadi referensi untuk pengguna yang ingin memanfaatkan perpustakaan secara digital (daring).

Cara pertama, aplikasi perpustakaan digital berbasis web yang dapat diakses secara online adalah Repository Institusi. Kamu dapat menemukan berbagai repository dengan mencari di internet dengan kata kunci nama kampus + Repository. Maka akan muncul link/url repository kampus tersebut yang dapat diakses secara daring menggunakan web browser.

Contoh repository institusi adalah Repository Universitas Sumatera yang menyimpan dan menyediakan puluhan ribu koleksi karya intelektual civitas akademik maupun arsip intelektual yang dapat diakses secara online baik di baca maupun di unduh secara terbuka. Yang ingin mengetahui lebih lengkap tentang Repository institusi silahkan baca artikel berikut ini :

Baca juga : Pengertian Repository Institusi

Cara Kedua, kamu juga dapat menemukan berbagai jenis perpustakaan digital berbasis android/IOS dengan mengetikkan kata kunci di playstore/appstore. Sebagai contoh ketikkan saja Ipusnas, maka akan muncul juga sugest aplikasi lain yang serupa dengan Ipusnas. Perlu diketahui, Ipusnas merupakan aplikasi perpustakaan digital yang dikembangkan dan dikelola oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.

Pada aplikasi ini, kamu dapat melakukan pendaftaran dan meminjam buku secara online dalam jangka waktu tertentu. Sedangkan jika sudah masuka jatuh tempo pengembalian, maka kamu tidak dapat mengakses/membaca buku yang telah dipinjam tersebut dan harus dikembalikan selayaknya peminjaman buku secara fisik. Masih banyak contoh perpustakaan digital berbasis android seperti Ijakarta, TPerpus, IBI Library, Ijogja, Smartlibrary dan lain sebagainya yang bisa kamu coba satu persatu menggunakan smartphone.

Selain cara mengakses perpustakaan digital melalui Repository Institusi dan android tersebut, Berikut ini akan dijelaskan lebih rinci tentang 10 contoh aplikasi perpustakaan digital berbasis web maupun android yang dapat digunakan secara online dan tentunya gratis untuk menambah wawasan.

  1. Ipusnas (Android)
    Siapa yang belum install Ipusnas? aplikasi perpustakaan digital terbesar di Indonesia buatan Perpustakaan Nasional RI ini telah mencapai lebih dari 1 juta unduhan oleh masyarakat seluruh Indonesia. Ipusnas menjadi perpustakaan digital terbesar dan terlengkap.
    ipusnas by perpusnas
    Anda dapat membaca buku yang dipinjam secara daring maupun secara ofline. Buku yang dipinjam ada batas waktunya loh, jadi otomatis akan kembali ke rak buku elektronik saat masa pinjam kita sudah habis. Oh iya, juga tersedia fitur media sosial didalam akun Ipusnas agra pengguna dapat berinteraksi dan memberikan rekomendasi buku yang dibutuhkan.
    Download Ipusnas Disini.
  2. Ijogja (Android)
    iJogja

    Sama satu keluarga dengan Ipusnas, Ijogja merupakan aplikasi perpustakaan digital persembahan Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Yogyakarta yang saat ini sudah mencapai 10 ribu lebih unduhan. Fitur yang ditawarkan juga sama seperti Ipusnas yaitu kita dapat meminjam dan membaca buku secara online. Hanya saja karena ini merupakan aplikasi perpustakaan digital Jogja maka banyak tersedia buku-buku tentang Provinsi Yogjakarta.
    Download Ijogja Disini
  3. Onesearch (Web)
    onesearch by perpusnas

    Berbeda dengan Keluarga Ijogja yang berbentuk aplikasi android, Oneserach merupakan Katalog Perpustakaan se Indonesia yang dapat diakses secara online melalui web browser di url https://onesearch.id. Dengan Onesearch, anda dapat mencari berbagai buku di seluruh perpustakaan di Indonesia melalui 1 pintu. Anda harus menelusuri satu persatu dari hasil pencarian dan jika beruntung anda akan mendapatkan koleksi buku/tesis yang dapat diunduh secara online (Open Access)
  4. Gramedia Digital (Android)
    gramedia digital

    Gramedia Digital adalah aplikasi perpustakaan digital buatan PT Gramedia yang telah menyediakan lebih dari 100.000 koleksi seperti buku, majalah, dan koran dengan jaminan update koleksi terbaru setiap hari. Gramedia Digital menjadi toko buku elektronik terlengkap yang dapat diakses melalui smartphone. Dengan aplikasi ini, anda dapat memilih membaca buku gratis atau versi premium. Bagaimana, ingin mencoba Gramedia Digital?
    Download Gramedia Digital Disini 
  5. Jokowi Digital Library (Android)
    jokowi digital library

    Selanjutnya ada aplikasi perpustakaan digital yang memiliki koleksi tentang Jokowi dan Berita Terkait. Aplikasi ini dibuat oleh Sahabat Jokowi yang memungkinkan pengguna dapat membaca informasi terkait Aktifitas Presiden Republik Indonesia saat ini dan meminjam buku digital untuk dibaca secara daring. Selain itu, aplikasi ini memiliki koleksi audio dan video terkait aktifitas Bapak Jokowi yang bisa di share ke jejaring media sosial.
    Ingin Mencoba nya, silahkan download Disini
  6. iBI Library (Android)
    iBI Library

    iBI merupakan aplikasi perpustakaan digital persembahan dari Bank Indonesia untuk kita semua. Dengan aplikasi ini, anda dapat membaca dan meminjam buku-buku elektronik yang dimiliki oleh Bank Indonesia. Kategori buku yang dimiliki tentu buku terkait ekonomi dan keuangan di Indonesia. Saat ini sudah lebih dari 5000 pengguna yang menggunakan aplikasi iBI Library. Tertarik untuk menggunakan iBI Library?
    Download aplikasi nya Disini 
  7. ITB Library (Android)
    ITB library

    ITB Library merupakan aplikasi perpustakaan versi digital yang dimiliki perpustakaan Institut Teknologi Bandung. Berbeda dengan perpustakaan digital lainnya, Perpustakaan Digital Library menyediakan ribuan koleksi terkait Teknologi yang hanya dapat diakses oleh Civitas Akademik ITB menggunakan akun SSO. 🙁 Tapi jangan berkecil hati, jika kamu ingin mencari koleksi digital dari ITB kamu bisa mencarinya melalui Repository ITB di alamat https://digilib.itb.ac.id/
    Download aplikasi ITB LIbrary Disini
  8. BSE Kemdikbud (Web)
    BSE Kemdikbud

    BSE Kemdikbud merupakan perpustakaan digital berbasis web yang berisi tentang buku sekolah elektronik yang diterbitkan oleh Kemdikbud. Seperti kita ketahui bersama saat ini banyak buku wajib yang diterbitkan oleh kemdikbud sebagai acuan atau buku pegangan di sekolah baik oleh guru maupun siswa. Untuk mendownload buku sekolah elektronik, diharuskan untuk mendaftar disini https://bse.kemdikbud.go.id
  9. mLibrary UGM (Android)
    mLibrary UGM

    mLibrary UGM merupakan pelopor aplikasi perpustakaan digital android di Indonesia. Pasalnya, aplikasi ini diluncurkan pertama kali pada tahun 2015 yang mana pengguna smartphone android belum sebanyak saat ini. Aplikasi ini juga sudah di Install oleh lebih 10.000 pengguna. Namun sangat disayangkan aplikasi ini hanya dapat dinikmati oleh civitas Akademik UGM 🙁 . Namun tetap jangan berkecil hati, karena anda tetap dapat menikmati koleksi perpustakaan UGM melalui Repository UGM disini https://repository.ugm.ac.id/
  10. ISantri (Android)
    isantri

    Isantri merupakan aplikasi perpustakaan digital persembahan dari Kemenag untuk para santri di Indonesia. Isantri memiliki beragam buku bacaan terkait agama islam dan ilmu ilmu islam untuk mendukung kegiatan belajar mengajar santri di Indonesia.
    Download Isantri Disini

Sistem Perpustakaan Digital Untuk Pengelola Perpustakaan

Jika anda seorang pengelola perpustakaan, saya menyarankan anda untuk membuat perpustakaan digital berbasis web ke Perpustakaan anda. Anda dapat menggunakan banyak aplikasi open sources untuk membangunnya, seperti menggunakan Dspace, Eprints, Omeka, Setiadi, Ganesha dan Greenstones.

Selain itu, anda juga dapat menyewa jasa pembuatan aplikasi android untuk mengembangkan aplikasi perpustakaan digital berbasis android/IOS seperti Ipusnas, Ijakarta, Ijogja dan lain sebagainya dengan konsep yang sama dan tampilan yang berbeda.

Penutup

Sekarang anda sudah mengetahui pentingnya penerapan perpustakaan digital di perpustakaan. Setelah membaca artikel ini, diharapkan akan memberi manfaat kepada pengguna perpustakaan yang sedang mencari aplikasi perpustakaan digital sebagai media pembelajaran maupun memberi referensi dan berbagi pandangan kepada pengelola perpustakaan untuk menerapkan teknologi informasi di perpustakaan. Terima kasih.

Belajar Menulis, Belajar Berbagi Lewat Tulisan.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *