Cara Mengonlinekan Slims di Hosting 2020

cara mengonlinekan slims

Ruangreferensi.com – Perpustakaan adalah salah satu fasilitas yang wajib dimiliki oleh institusi Pendidkan. Di era teknologi informasi ini, perpustakaan seharusnya tidak hanya menjadi tempat mencari buku dan referensi, melainkan pusat untuk menemukan informasi. Perpustakaan tidak boleh tertinggal dengan kampuan pengguna perpustakaan yang semakin pintar dengan teknologi, perpustakaan harus menjadi pelopor dalam penerapan teknologi informasi.

Salah satu upaya perpustakaan dalam menerapkan teknologi informasi adalah dengan cara menerapkan sistem automasi perpustakaan yang dapat dikses secara online. Slims Merupakan salah satu aplikasi perpustakaan yang dapat dengan mudah untuk diterapkan. Karena ini sedang membahas sistem online perpustakaan, maka artikel ini akan membahas tentang bagaimana sih cara mengonlinekan slims di hosting dengan mudah.

Pendahuluan

Pada tahun 2000 kebawah, sebuah perpustakaan yang menerapkan sistem online mungkin adalah suatu keunggulan yang bisa menjadi daya tarik tersendiri karena masih banyak perpustakaan yang tidak menerapkan sistem online. Tapi Sekarang, penerapan sistem perpustakaan online bukan lagi suatu hal yang menakjubkan melainkan “kewajiban” perpustakaan untuk menerapkannya.

Karena itu jika perpustakaan tidak memiliki sistem online, besar kemungkinan perpustakaan tersebut akan ditinggalkan oleh pengguna karena masuk dalam kategori perpustakaan yang tertinggal perkembangan teknologi informasi.

Seperti saya sampaikan diatas, cara yang paling mudah menerapkan sistem automasi online perpustakaan adalah dengan Slims (Senayan Library Information Systems). Sebelum kita ke praktik tentang cara mengonlinekan slims di hosting, sebaiknya kita bahas dulu sedikit mengenai aplikasi SLIMS, sebagai berikut.

Pengenalan Tentang Slims

SLims adalah dari singkatan Senayan Library Information Systems yang merupakan aplikasi perpustakaan paling banyak digunakan di Indonesia. Dikutip dari Laman pengembang SLiMS, total pengguna SLiMS di Indonesia 1923 dari semua jenis perpustakaan mulai dari Perpustakaan Perguruan Tinggi, Perpustakaan Sekolah, Perpustakaan Umum, dan Perpustakaan Khusus. Dan terdaftar pula 75 perpustakaan dari berbagai Negara di Dunia yang telah menggunakan SLims sebagai sistem Automasinya. Apa saja kelebihan SLiMS? Dan bagiamana cara mengonlinekan Slims? mari kita simak pembahasan selanjutnya.

Fitur Dan Keunggulan SLiMS

Slims merupakan aplikasi open source yang dikembangkan oleh Hendro Wicaksono, Arie Nugraha dkk yang sekarang dikenal sebagai SDC (Senayan Development Community) untuk mengelola perpustakaan. Slims Pertama kali dikembangkan pada tahun 2006 bermula pada saat tim SDC yang saat itu bekerja di Departemen Pendidikan Nasional mengalami berbagai kendala dengan aplikasi perpustakaan yang ada yaitu “Alice”. Pada tahun 2007, release lah aplikasi Slims ini dengan nama Senayan. Sampai saat ini, Tim SDC terus mengembangkan slims sampai versi 9 codename “Bulian”.

Fitur SLiMS

Sebagai aplikasi open source yang dapat diperoleh dengan gratis, Slims memiliki fitur yang cukup lengkap untuk memenuhi segala macam kebutuhan yang ada di perpustakaan. Setidaknya perpustakaan memiliki 8 aktifitas inti yaitu Sirkulasi, Keanggotaan, Inventarisasi, Entri Data Biblography, Stock Opname, Pelaporan dan Sistem Pencarian (Katalog) dan Terbitan Berseri. ke 8 fitur ini sudah dimiliki oleh SLiMS ditambah lagi banyak fitur tambahan lain yang menjadi keunggulan aplikasi SLiMS ini.

Keunggulan SLiMS

Selain fitur wajib yang sudah diterapkan, masih banyak lagi fitur dan keunggulan dari aplikasi SLiMS ini, salah satu keunggulannya adalah aplikasi ini berbasis Website sehingga dapat dengan mudah di terapkan secara online, cara mengonlinekan slims akan kita praktikkan segera. Adapun keunggulan SLiMS akan dijabarkan sebagai berikut :

  • Open Source dan Bebas di kembangkan sesuai kebutuhan
  • Berbasis Web sehingga sudah pasti dapat di terapkan secara onilne
  • Multifungsi, dapat digunakan sebagai alat pencarian buku maupun database buku elektronik
  • Banyak Komunitas Pengembang Slims Aktif di Indonesia. ini Penting !
  • Tampilan sistem yang ramah pengguna (Mudah Dipahami)
  • Standarisasi bibliography dengan format MARC (Format Standar Internasional Katalogisasi)
  • Tersedia sistem ekspor impor data
  • Masih terus dikembangkan oleh SDC
  • Dan masih banyak lagi keunggulan SLiMS

Cara Install Slims di Hosting (Cara Mengonlinekan SLiMS)

Dengan berbagai keunggulannya, Benar bahwa SLiMS tergolong aplikasi open source dengan teknik instalasi yang mudah. Jika teman-teman masih kurang paham untuk instalasi SLiMS secara offline silahkan teman-teman baca artikel tentang cara install Slims berikut ini.

Saat ini saya mengasumsikan teman-teman semua sudah memahami cara install SLiMS secara ofline/local, maka kali ini kita akan langsung praktik cara mengonlinekan slims di hosting. Berbeda dengan instalasi local yang kita tidak membutuhkan biaya untuk instalasi nya, perlu diketahui untuk cara Mengonlinekan slims ini diperlukan 2 biaya yaitu biaya sewa hosting dan biaya domain.

Harga domain dan hosting bervariasi tergantung kebutuhan, namun saya merekomendasikan kepada teman-teman jika untuk aplikasi Perpustakaan SLiMS yang notabane nya kita akan terus mengentri data buku termasuk ebook dan lain-lain, maka pilihlah hosting dengan penyimpanan yang lebih besar, biasanya provider hosting menawarkan penyimpanan mulai dari 1GB, 5GB hingga Unlimited.

Baca juga

Namun jika teman-teman memiliki dana yang cukup, tidak ada salahnya pilih spesifikasi Hosting Unlimited. Oke sekarang saya mengasumsikan teman-teman disini sudah memiliki hosting dan domain. langsung kita praktik.

Tahap I Menyiapkan Tempat Akses (Domain/Sub Domain)

  • Download terlebih dahulu Installer aplikasi SLiMS, pada contoh cara mengonlinekan slims ini saya mencontohkan slims versi 8 codename “Akasia”. download terlebih dahulu pada link ini Download SLiMS akasia seperti gambar.download slims 8 akasia
  • Siapkan Subdomain pada Cpanel Hosting anda dengan mengikuti panduan digambar berikut ini
buat sub domain
Pilih menu subdomain
  • Kemudian buat nama sub domain pada domain utama kamu misal “slims8”, lalu pilih nama domain utama nya (memilih domain utama jika kamu pakai hosting unlimited) setelah di isi kemudian klik “create” seperti gambar
cara mengonlinekan slims
Buat nama Sub Domain lalu klik “Create”
  • Setelah selesai menambah sub domain, kembali ke menu Sub Domain pada control panel anda dan klik pada “tanda pensil” pada sub domain yang baru di buat seperti gambar.

cara mengonlinekan slims

  • Tahap II Mengunggah File Installer SLiMS

  • Karena contoh saya ini menggunakan slims versi 8.0 akasia, maka kita perlu mengunggah file installer slims 8 ini secara manual ke hosting, namun jika kita memilih slims 9, kita tidak perlu melewati tahap ini karena sudah tersedia di softacolus.
  • Oke kita lanjutkan praktik cara mengonlinekan slims. Setelah di klik pada nama sub domain tersebut, otomatis akan dibawa ke halaman File Manajer hosting, disinilah kita akan mengunggah Installer SLiMS.  Selengkapnya lihat pada gambar dibawah ini.
klik tombol upload - cara mengonlinekan slims
Klik tombol “Unggah” pada file manajer, pastikan folder tempat kita mengunggah file installer sudah benar didalam sub domain yang kita buat.
pilih slims 8 installer nya - cara mengonlinekan slims
Klik Select File kemudian pilih File Installer Slims8_akasia-master.zip yang sudah kamu unduh sebelumnya
tunggu sampai 100% - cara mengonlinekan slims
Tunggu hingga selesai kemudian klik “back” dibawahnya.
klik kanan ekstract - cara mengonlinekan slims
setelah kembali ke folder utama sub domain, klik kanan pada file slims8_akasia-master.zip kemudian pilih Ekstract
pastikan direktori subdomain benar klik ekstract - cara mengonlinekan slims
Perhatikan lokasi ekstract file nya dan benar di ekstrak pada sub domain yang baru dibuat. Kemudian klik “Ekstract”.
pilih semua dan klik move - cara mengonlinekan slims
Setelah itu, masuk ke folder hasil ekstrakan tersebut dan klik “Select All” Kemudian pilih “Move”.
cara mengonlinekan slims
Pindahkan seluruh file tersebut ke folder paling depan dari Sub Domain yang dibuat. Kemudian klik “move files”
cara mengonlinekan slims
setelah itu klik select all lagi (kecuali pada 3 folder bawaan yaitu “idea, .well known, .htaccess), kemudian klik “permissions”
cara mengonlinekan slims
centang seluruhnya lalu klik “change permissions”

Tahap III Pembuatan Database

Masih sama dengan tahap install di server lokal, cara mengonlinekan slims juga tentunya membutuhkan database, sehingga kita perlu membuat database terlebih dahulu untuk menyimpan semua data aplikasi slims ini di hosting.

  • kembali ke menu utama Cpanel hosting online anda, kemudian ketiikan pada pencarian “Database”
cara mengonlinekan slims
Ketik pada pencarian “Cpanel” dengan nama Database, klik “MysqL Database”
membuat database - cara mengonlinekan slims
isi nama database contoh “slims8” dan kemudian klik “create database”
  • Setelah database selesai dibuat, jangan keluar dulu dari menu database, kita akan membuat username, menambah username ke database dan memberi hak akses pada database. Scroll kebawah isikan
cara mengonlinekan slims
Pada MySQL User, buat user baru dan isikan password yang kuat seperti gambar
cara mengonlinekan slims
Tambahkan username baru tadi ke database dengan cara pilih username baru dan pilih database “slims8”
cara mengonlinekan slims 8
Setelah itu, otomatis muncul notifikasi untuk memberi privilages (hak akses), centang pada “All Privilages” kemudian klik “Make Changes”

Tahap IV Instalasi Slims – Cara Mengonlinekan Slims

Setelah semua kebutuhan telah selesai, inilah tahapan terakhir sebagai cara mengonlinekan slims anda dan sebentar lagi slims anda dapat diakses secara publik (online). Ikuti langkahnya.

  • Buka browser anda, dan ketikkan pada address bar browser “sub domain anda” yang telah anda buat, saya mencontohkan slims8.ruangreferensi.com
minimum system required cara mengonlinekan slims
Pertama kali anda akan melihat tampilan system required, jika tidak bisa di klik lanjutkan, artinya anda harus mengupgrade sistem terlebih dahulu. Tapi biasanya sistem hosting bawaan sudah menggunakan sistem environment yang terbaru. Note : jika tidak muncul otomatis, coba tambahkan “/install” setelah nama domain
cara mengonlinekan slims - ketik sub domain url
kemudian klik “Lets Start With Slims”.
  • Isikan data database pada kolom sesuai database yang telah dibuat sebelumnya.
cara mengonlinekan slims
Setelah itu, isi data database yang sudah dibuat tadi, seperti gambar diatas. Penting !! Pada bagian username password dibawah adalah untuk data login ke sistem.
lets starts slims
Jika berhasil akan ada keterangan, Database Instalation Completed. Artinya koneksi database kamu sudah benar, jika masih gagal coba periksa kembali pengisian nama database, username dan password.
  • Instalasi Slims 8 di hosting telah Selesai. Seperti ini tampilan aplikasi slims 8 akasia.
cara mengonlinekan slims
Tampilan slims 8 Akasia

Penutup

Begitulah cara mengonlinekan slims akasia di hosting, jika masih ada kesempatan admin akan membahas mengenai pemilihan hosting yang bagus secara tersendiri. Kami menyimpulkan bahwa cara install slims di hosting atau localhost sebenarnya memiliki cara yang sama, yang berbeda hanyalah proses pembuatan database dan penempatan folder nya ya. Bantu situs ini terus berkembang dengan membagikan artikel ini kepada teman-teman yang membutuhkan agar admin semangat untuk terus memberikan informasi yang bermanfaat. Terima Kasih.

Kata Kunci
cara mengonlinekan slims terbaru, cara mengonlinekan slims di hosting, cara install slims di hosting, bagaimana cara mengonlinekan slims di hosting, cara install slims online di hosting, cara install slims online, cara menginstall slims online di hosting, cara mengonlinekan slims akasia di hosting, cara mengonlinekan slims 8 di hosting, cara install slims akasia di hosting
cara mengonlinekan slims
Previous Post

No more post

Belajar Menulis, Belajar Berbagi Lewat Tulisan.

You May Also Like

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *