Ilmu Aktuaria, Jurusan Bikin Cepat Kaya Hanya 6 di Indonesia

ilmu aktuaria

Ilmu Aktuaria, Jurusan Bikin Cepat Kaya Hanya 6 di Indonesia – Mungkin masih sedikit yang mengetahui bahkan pernah mendengar tentang ilmu aktuaria. Faktanya, ilmu aktuaria memang salah satu jurusan yang langka di Indonesia. Bahkan di dunia pun keberadaanya masih sedikit. Padahal jurusan ilmu aktuaria ini sangat dibutuhkan, dan informasinya lulusan aktuaria ini sangat dicari-cari oleh perusahaan besar ternama sehingga sangat mungkin membuat mu jadi cepat kaya dengan kuliah di jurusan ini.

Ilmu Aktuaria

Jurusan aktuaria merupakan ilmu yang mempelajari tentang asuransi, namun karena pada praktiknya banyak dikombinasikan dengan matematikan, maka jurusan aktuaria sering disebut dengan jurusan matematika asuransi. Jadi orang yang kuliah di jurusan aktuaria akan mempelajari tentang ilmu matematika, statistik, permrograman komputer, keuangan, peluang dan analisis resiko. Lebih dari itu, ilmu aktuari juga mempelajari tentang seluk beluk perhitungan asuransi dan simulasi perhitungan asuransi serta penyajian tabel mortalita.  Lengkap ya..

Baca : Tips Memilih Kampus di Era New Normal

Jurusan yang Bikin Cepat Kaya?

Lulusan aktuaria yang disebut aktuaris ini masih jadi perbincangan hangat di Indonesia. Pasalnya masih sedikit lulusan aktuaria di Indonesia sedangkan permintaan perusahaan sangat besar. Tugas utama seorang aktuaris adalah pemeriksaan klaim asuransi, asuransi properti, asuransi jiwa, penyelidik klaim, penaksiran asuransi, penjualan hingga analisis resiko asuransi. Pekerjaan itu tentu membutuhkan tanggung jawab yang besar sehingga perusahaan tidak segan-segan untuk mengeluarkan gaji seorang aktuaris puluhan juta rupiah per bulan. Dengan gaji sebesar itu, apakah tidak mungkin kamu akan cepat kaya bukan?

Peluang masih sangat besar

Di Indonesia, pemerintah telah menghimbau kepada seluruh perusahaan asuransi agar memiliki minimal satu orang aktuaris, sedangkan perusahaan asuransi tidak akan cukup hanya memiliki satu orang aktuaris. Bisa kamu bayangkan bukan, bagaimana seorang yang baru lulus (freshgraduates) dari jurusan ilmu aktuaria? Mungkin tanpa lempar lamaran kerja mungkin sudah ditawari bekerja sebelum selesai kuliah 😀

6 Kampus Ilmu Aktuaria

Informasi ini memperkuat bahwa peluang untuk menjadi seorang aktuaris masih sangat besar namun harus usaha Ekstra. Faktanya, sampai saat ini di Indonesia hanya ada 6 kampus yang memiliki jurusan ilmu aktuaria, 4 kampus dengan jenjang S-1 (Sarjana), 1 jenjang D4 (Diploma) dan 1 lagi dengan jenjang Magister (S2). Berikut ini daftar kampus ilmu aktuaria yang ada di Indonesia.

Universitas Indonesia

Di kampus kuning ini kamu bisa menemukan jurusan aktuaria. Namun jangan heran jika passing grade untuk jurusan ini sangat tinggi, karena peminatnya se Indonesia, jadi kamu harus lebih persiapkan mental dan belajar yang lebih ekstra ya. Ingat, patokannya jadi seorang Aktuaris loh.

di Universitas Indonesia juga terdapat jurusan ilmu aktuaris jenjang D3 atau diploma. Namun nama lain dari jurusan D3 ini adalah Administrasi Asuransi dan Aktuaria. Maka dari itu UI menjadi salah satu kampus ilmu aktuaria terbaik di Indonesia.

Pada saat artikel ini diterbitkan, jurusan di kampus ilmu aktuaria ini telah memperoleh akreditasi “B” dari BAN-PT untuk program Sarjana, sedangkan program diploma administrasi asuransi dan aktuaria telah memperoleh akreditasi A hingga 2021 mendatang.

 Institut Pertanian Bogor

Kampus yang dengan konsentrasi bidang pertanian ini ternyata tidak hanya menyediakan jurusan ilmu ilmu pertanian, melainkan juga ilmu aktuaria. Faktanya di lapangan dunia kerja, perusahaan pertanian juga membutuhkan ilmu matematika yang turunannya juga ke Asuransi. Kampus IPB memiliki fakultas Matematikan dan IPA (MIPA) sehingga wajar saja memiliki jurusan emas ini.

Baca Juga :

Jurusan ini juga sudah memperoleh akreditasi B dari BAN-PT, sehingga pengakuan pemerintahan akan kualitas pendidikan kampus ilmu aktuaria di IPB ini sudah cukup baik. Namun kamu harus belajar ekstra untuk bisa masuk ke kampus IPB ya, karena kuota untuk jurusan langka di IPB ini sedikit dengan jumlah peminat yang banyak.

Contohnya pada tahun 2017, Peminat ilmu ini dari jalur SNMPTN sebanyak 712 orang dan daya tampung 25. Sedangkan jalur SBMPTN sebanyak 1564 orang dengan daya tampung 15 orang. Wah…harus lebih giat belajar untuk persiapan ya.

Universitas Binawan

Kampus Binawan juga membuka jurusan ilmu emas ini loh. Dilihat dari lamannya, profil lulusan ilmu ini harus mampu mengkaji keilmuan aktuaria (asuransi), menganalisa aktuaria, keuangan dan konsultan bisnis hingga pelatihan aktuaria. Sistem kurikulum jurusan S1 Aktuari juga sudah mengacu pada silabus kurikulum PAI (Persatuan Aktuaris Indonesia). Selain itu, kampus ilmu aktuaria Binawan sudah terakreditasi B dari BAN-PT sehingga bisa menjadi pertimbangan mu untuk memilih kuliah aktuaris di Universitas Binawan.

Universitas Presiden

Kampus swasta yang memiliki standar internasional ini juga memiliki jurusan langka bertaraf emas ini ya sob. Kamu dapat kuliah jurusan ilmu aktuaria di Universitas Presiden dengan fasilitas standar internasional dan serta diajar oleh tenaga pendidik yang handal dan profesional.

Baca : 10 Referensi Gratis Biar Skripsi Cepat Kelar

Karena kampus ini masih baru membuka jurusan ini, tentu akreditasi yang dikantongi masih “C”, namun ini bukan jadi patokan kamu ya untuk tidak memilih kuliah di sini ya, tentu Universitas Presiden akan terus meningkatkan kualitas jurusan ilmu aktuari sembari menunggu kesuksesan para alumninya sebagai penguat standar akreditas. Sangat memungkinkan 4 tahun kedepan itu adalah tahun kelulusan kamu bertepatan pergantian nilai akreditasi di salah satu kampus ilmu aktuaria ini yaitu universitas presiden.

Institut Teknologi Bandung

Seperti yang admin jelaskan dipengantar awal, bahwa jurusan aktuaria tidak hanya mempelajari ilmu asuransi melainkan pula ilmu matematika dan bahkan pemrograman. Di Institut Teknologi Bandung (ITB) yang notabane jurusannya terkait teknik dan teknologi ternyata juga memiliki jurusan mahal ini ya sob. Namun kampus ini hanya membuka jenjang Magister (S2) sebagai sebagai konsentrasi pilihan saat melanjutkan studi dari S1 Sarjana. Selain itu, akreditasi jurusan Ilmu Aktuaria ITB adalah A (unggul) sehingga wajar menjadi primadona mahasiswa lanjutan sarjana untuk belajar ilmu aktuaria.

Penutup

Demikianlah artikel tentang jurusan ilmu aktuaria, jurusan mahal yang dapat dengan cepat membuat kamu kaya ini ternyata tidak sembarangan orang juga yang dapat mempelajarinya. Harus benar-benar orang yang mampu di bidang nya dan harus melewati persaingan (passing grade) yang tinggi. Dan tentunya, untuk menjadi kaya kita harus benar-benar ahli dalam hal tersebut misalnya aktuaris handal, jurusan memang mampus mengantarkan kita pada pintu gerbang keberhasilan namun potensi diri adalah kunci utama untuk menuju kesuksesan. Semoga bermanfaat untuk kita semua. Jika ada hal yang keliru atau perlu di perbaiki, jangan sungkan untuk diskusikan via komentar, terima kasih.

Referensi
  • https://edukasi.kompas.com/read/2020/01/19/10000011/mengenal-jurusan-aktuaria-jurusan-dengan-passing-grade-tinggi-sbmptn
  • https://president.ac.id/study/undergraduate/faculty-of-business/actuarial
  • http://fmipa.ipb.ac.id/akademik/program-studi/sarjana/aktuaria/
  • https://binawan.ac.id/academic/major/actuaria
  • https://www.banpt.or.id/
  • image : designed by jcomp / freepik
  • https://rencanamu.id/post/dunia-kuliah/jurusan-dan-perkuliahan/6-jurusan-sepi-peminat-dengan-potensi-gaji-yang-fantastis-bagi-para-lulusannya
Belajar Menulis, Belajar Berbagi Lewat Tulisan.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *