Mengenal Jurusan Kearsipan yang Langka di Indonesia

jurusan kearsipan

Mengenal Jurusan Kearsipan, Hanya ada 6 di Indonesia – Menjadi seorang dokter atau pengacara mungkin menjadi impian banyak orang. Namun apakah ada orang yang bercita-cita menjadi Arsiparis? atau pengelola arsip? Bahkan sampai kamu menemukan artikel ini mungkin belum mengenal jurusan kearsipan untuk menjadi arsiparis. 😀

di Indonesia sendiri hanya ada 6 kampus yang membuka jurusan Kearsipan/arsiparis, kenapa begitu sedikit padahal setiap pembukaan rekrutmen CPNS, formasi Arsiparis selalu dibutuhkan. Menurut data formasi CPNS tahun ini saja, hampir semua instansi membuka formasi untuk arsiparis dengan jumlah paling sedikitnya 1 formasi.

Karena ada beberapa permintaan dari pembaca untuk mereview jurusan ini, maka pada kesempatan kali ini, kita akan mengulas dengan lengkap apa itu jurusan kearsipan, bagaimana prospek kerjanya, kenapa langka di Indonesia dan kampus mana saja yang memiliki jurusan kearsipan di Indonesia.

Tentang Ilmu Kearsipan

Mendengar kata arsip mungkin sebagian besar orang pasti sudah paham kalau kata itu mengartikan suatu bentuk fisik dokumen yang harus di simpan dengan baik. Jika di pelajari lebih jauh, ternyata arsip memiliki banyak makna dan banyak pula yang salah kaprah terhadap pengertian arsip.

Arsip yang kita kenal sebagai dokumen penting memang benar, namun arsip dibagi menjadi 2 jenis yaitu Arsip Dinamis (rekod) dan Arsip Statis (Arsip). Kemudian arsip dinamis terbagi lagi menjadi 3 yaitu arsip dinamis aktif, arsip dinamis inaktif dan arsip vital. Wah mulai bingung. Begini teman-teman, arsip dinamis merupakan arsip yang lahir/tercipta oleh suatu perusahaan/lembaga yang masih terus digunakan secara berkala.

Arsip yang terus di gunakan didalam suatu perusahaan tersebut terbagi menjadi 3 macam yaitu arsip aktif yang retensi penggunaanya tinggi misalnya surat masuk surat keluar secara rutin, kemudian arsip inaktif misalnya surat pengantar laporan penjualan tahunan dan sebagainya yang retensi penggunaannya rendah, kemudian arsip vital yang tidak dinilai dari retensinya melainkan tingkat kepentingannya karena memiliki nilai yang tinggi, misalnya SK Pendirian perusahaan dan lain-lain. Nah..dari ketiga jenis arsip dinamis ini, akan ditentukan mana-mana saja yang memiliki nilai untuk disimpan yang kemudian disebut sebagai “Arsip” atau dimusnahkan.

Baca Juga :

Mengenal Jurusan Kearsipan

Karena berasal dari kata Arsip, maka sudah tentu jurusan kearsipan akan mempelajari tentang ilmu kearsipan dari proses penciptaan hingga pemusnahan. Jurusan ini fokus terhadap pengelolaan arsip seperti tata naskah dinas, pengurusan surat, dokumentasi dan publikasi,, hingga manajemen kearsipan lembaga dan perguruan tinggi.

Kemudian, jurusan langka ini juga mempelajari hukum-hukum pengamanan informasi yang tentunya ilmu ini sangat dibutuhkan dalam proses penanganan informasi yang harus di amankan secara prfesional dan sesuai dengan ketentuan hukum. Tidak hanya itu, kuliah di jurusan langka ini juga akan mempelajari ilmu rekam medis yang tentunya ini juga digunakan sebagai kemampuan ekstra dari lulusan kearsipan ini.

Profil lulusan jurusan kearsipan?

Jika dilihat dari banyaknya ilmu yang dipelajari, tentu ini memberikan keuntungan bagi lulusan jurusan kearsipan yang besar kesempatan nya untuk tersebar di berbagai lembaga/instansi dibidang kearsipan.

Sesuai fakta di lapangan, lulusan kearsipan memang dapat diterima kerja di berbagai perusahaan, baik negeri maupun swasta. Seperti yang sudah admin jelaskan diawal, hal ini dikarenakan setiap perusahaan pasti memiliki arsip dan tentu membutuhkan orang yang ahli menangani kearsipan.

Selain menjadi arsiparis yang handal dan profesional, lulusan kearsipan juga dapat menjadi perekam medis di Rumah Sakit dan pusat kesehatan.

Kenapa Jurusan Kearsipan Langka di Indonesia?

Kembali lagi sedikit ke depan, seberapa banyak sih orang yang mengerti tentang kearsipan, dan seberapa banyak pula orang yang mengerti adanya jurusan kearsipan. Walaupun ini hanya pandangan pribadi namun dapat dipertimbangkan, karena di Indonesia dapat kuliah di jurusan favorit masih menjadi rebutan banyak orang, bahkan orang tua mana sih yang menyarankan anak nya kuliah di jurusan langka seperti ilmu kearsipan? Kecuali kalau memang benar-benar paham dengan pentingnya ilmu ini di dalam dunia kerja.

Baca : Mengenal Jurusan Aktuaria yang Bikin Cepat Kaya

Masih banyak di luar sana yang ingin kuliah di jurusan ternama misalnya kedokteran, akan cepat sukses menjadi dokter, kuliah di jurusan hukum akan sukses menjadi pengacara dan sebagainya. Mereka belum sadar kalau ternyata peluang kerja di jurusan kearsipan ini masih sangat tinggi dan terbuka lebar, bahkan formasi CPNS setiap instansi pemerintah pun selalu dibutuhkan. Mungkin 5 atau 10 tahun kedepan akan berbeda cerita ya.

Maka dari itu, jurusan ini memang masih sepi peminat sehingga kampus-kampus di Indonesia belum sepenuhnya siap untuk membuka jurusan kearsipan sehingga masih jarang ditemui di Indonesia.

Kampus yang Membuka Jurusan Kearsipan?

Seperti diketahui sebelumnya, di Indonesia hanya ada 6 kampus yang membuka jurusan ini, 1 diantaranya membuka jurusan ilmu perpustakaan dan kearsipan dan 1 diantaranya lagi dengan nama Manajemen informasi dan dokumentasi. Berikut adalah daftarnya :

Universitas Gadjah Mada (D-III Akreditasi A)

Jurusan kearsipan di UGM ini mungkin menjadi yang pertama dan tertua di Indonesia yaitu tahun 1994. Jurusan Kearsipan UGM berada di Sekolah Vokasi Departemen Bahasa, Seni dan Manajemen Budaya. Jurusan ini sudah memperoleh akreditasi A dari Ban PT. Lulusan Kearsipan UGM juga sudah tersebar di berbagai instansi Negara terutama pada Kementerian dan ANRI. Selain itu permintaan lulusan arsip UGM juga datang dari berbagai instansi swasta di Indonesia yang semakin tinggi. Jika kamu tertarik langsung saja persiapkan diri dari sekarang untuk kuliah di UGM.

Universitas Indonesia (D-III Akreditasi A)

Berbeda dengan kampus lain, Universitas Indonesia memiliki jurusan kearsipan dengan nama Manajemen Informasi dan Dokumentasi. Jurusan ini lebih familiar terdengar karena mengandung kata informasi dan dokumentasi sehingga terkesan lebih modern. Selain itu, akrediasi jurusan MID juga sudah A (Unggul) loh. Bagi kamu yang ingin kuliah di jurusan MID UI ini, silahkan berkunjung ke program Vokasi Universitas Indonesia, dan tentu jangan lupa persiapkan dirimu karena masuk UI tidak sedikit persaingannya ya teman.

Universitas Terbuka (D-IV Akreditasi A)

Universitas Terbuka atau dikenal dengan UT juga membuka jurusan kearsipan yang berada di fakultas hukum ilmu sosial dan ilmu politik. Berbeda dengna kampus lain yang membuka jurusan ini dengan program DIII, di UT jurusan ini dibuka dengan program D-IV (Sarjana Terapan). Akreditasi yang diperoleh juga sudah A (Unggul). Jika kamu ingin kuliah kearsipan pada kampus ini silahkan kunjungi http://fhisip.ut.ac.id/kearsipan-d4/

Universitas Diponegoro (D-III Akreditasi B)

UNDIP juga menjadi salah satu kampus yang membuka jurusan kearsipan di Indonesia. Dengan berbagai fasilitas yang baik untuk mendukung perkuliahan, jurusan langka di undip ini sudah banyak menghasilkan lulusan yang tersebar di berbagai instansi pemerintah maupun swasta. Jurusan ini undip berada di fakultas Ilmu Budaya dan saat ini, kearsipan undip mengantongi akreditasi B dari BAN-PT. Oh iya, Tetap persiapkan dirimu jika ingin kuliah di Undip karena persaingannya tinggi.

Univesitas Negeri Padang (D-III Akreditasi B)

Salah satu kampus ternama di provinsi sumbar ini juga memiliki jurusan kearsipan. Bedanya jika di kampus lainnya konsentrasi pada ilmu ilmu kearsipan, di kampus ini konsentrasi digabung bersama Ilmu perpustakaan dan kearsipan dengan jenjang DIII. Sehingga cakupan kerja untuk lulusan ini menjadi lebih luas. Kampus ini juga dapat di rekomendasi karena akreditasi yang di peroleh dari BAN-PT untuk jurusan ini adalah B ya teman-teman.

Baca Juga : 10 Jurusan Ilmu Perpustakaan Terbaik di Indonesia

Universitas Tanjungpura (D-III Akreditasi B)

Universitas Tanjungpura (UNTAN) merupakan salah satu kampus Negeri ternama di Kalimantan Barat. Kampus yang terletak di pulau calon pengganti Ibukota Negara Republik Indonesia ini juga membuka jurusan kearsipan. Menurut data yang diperoleh, jurusan ini sudah mendapat akreditas B dari BAN-PT dan bisa menjadi pilihan mu jika ingin kuliah di jurusan ini.

Penutup

Demikianlah artikel tentang mengenal jurusan kearsipan ini, kami berharap informasi ini dapat menambah pengetahuan dan referensi khususnya yang ingin kuliah di jurusan ini. Semoga bermanfaat untuk kita semua dan jika ada saran dan masukan, silahkan tambahkan di kolom komentar. Terima Kasih.

Referensi
Ban-PT dan  website Kampus/fakultas/jurusan/program studi terkait.
Belajar Menulis, Belajar Berbagi Lewat Tulisan.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *