Pathfinder Online di Era New Normal Perpustakaan

pathfinder online di era new normal

Ruangreferensi.com – Setelah pemerintah mengumumkan era new normal, maka seluruh aspek wajib memiliki peraturan ketat dalam melakukan operasional. Salah satu tempat penting yang ikut dalam fase era new normal adalah perpustakaan. Perpustakaan adalah tempat yang unik, semakin kita dalami ternyata perpustakaan bukan hanya sebagai tempat untuk menyimpan buku dan jurnal melainkan suatu tempat khusus yang berisi  ribuan referensi dengan berbagai cara penyajian yang baik. Di era new Normal ini pula, perpustakaan dituntut untuk menyediakan berbagai informasi dan referensi dengan tetap menerapkan protokol new normal. Contoh fasilitas daring yang bisa diterapkan adalah Pathfinder Online di Era New Normal.

Posisi perpustakaan yang berada di tengah pandemi harus tetap mampu bersaing dengan informasi di internet, maka perpustakaan sudah selayaknya menyediakan suatu fasilitas untuk untuk menyaring berbagai informasi dan rujukan yang ada di internet berdasarkan bidang ilmu. Pada artikel kali ini, kita akan membahas sebuah fasilitas yang direkomendasikan ada di perpustakaan setelah pemerintah mengumumkan era new normal yatu pathfinder online. Apa itu pathfinder dan seperti apa pathfinder online di era new normal ini? berikut kita ulas pembahasan tentang pathfinder online di era new normal perpustakaan.

Pengertian Pathfinder

Menurut KBBI, istilah pathfinder berasal dari 2 kata yaitu “path” yang tempat sempit/kecil dan “finder” yang memiliki arti penemu. Maka secara bahasa arti dari pathfinder adalah penemu tempat sempit/kecil. Sesuai dengan artinya, pathfinder digunakan sebagai alat panduan di perpustakaan yang dikelompokkan berdasarkan subject terkecil dari sebuah bidang ilmu, isi dari pathfinder bisa berupa referensi yang mendukung bidang ilmu bedasarkan rekomendasi dari pustakawan. Berdasarkan kegunaanya, pathfinder memang layak disebut sebagai penemu tempat sempit.

Menurut Taylor, A.G, Joudrey, D.N Pathfinder merupakan sebuah panduan yang diciptakan untuk penelitian dari suatu topic atau subject tertentu. Pathfinder juga dapat disebut sebagai Subject Guide, Topic Guides, research guide, information portals and resource list maupun study guides.

Semakin berkembangnya ilmu pengetahuan maka semakin banyak pula pathfinder harus disiapkan di perpustakaan. Dalam artian, pathfinder dapat dikatakan sebagai petunjuk-petunjuk yang disiapkan oleh perpustakaan untuk memudahkan penggunanya mencari kebutuhan informasi sesuai subjek bidang ilmu nya. Hal ini sangat bermanfaat untuk menghemat waktu pengguna dengan langsung mencari sumber informasi yang kredibel dan relevan melalui pathfinder.

Baca juga

Bentuk Pathfinder

Secara harfiah, ada beragam jenis dan bentuk dari pathfinder yang dapat diterapkan di perpustakaan. Pathfinder dapat berupa sebuah petunjuk atau navigasi, dapat berupa spanduk, banner guide, media elektronik dan hingga disajikan dalam bentuk pathfinder online. Di era new normal ini perpustakaan sudah seyogyanya menyediakan berbagai macam fasilitas yang terkait online agar pengguna dapat memanfaatkan fasilitas tersebut dari rumah, atau setidaknya meminimalisir pengguna untuk keluar rumah namun tetap dapat memperoleh informasi yang kredibel dan relevan.

Penerapan Pathfinder Online di Era New Normal

Untuk meningkatkan pelayanan perpustakaan di era new normal, sebuah perpustakaan yang harus tetap menjunjung tinggi peran dan fungsi nya sebagai pusat rujukan informasi sudah seharusnya menyediakan fasilitas yang dapat diakses secara daring. Salah satunya adalah pathfinder online di perpustakaan.

Pathfinder online sama seperti pathfinder konvensional hanya saja, pathfinder online dapat diakses oleh pengguna secara online. Dengan adanya pathfinder Online, semakin memudahkan pengguna untuk mencari tahu sumber informasi yang ada terkait subjek/bidang ilmunya tanpa harus berkunjung ke perpustakaan. Tujuan dari pathfinder online salah satunya adalah mengundang interaksi dari pengguna yang tentu akan bertanya kepada perpustakaan jika informasi dan rujukkan yang disajikan masih kurang.

Banyak aplikasi open source yang dapat digunakan membuat pathfinder online di era new normal perpustakaan, seperti subjectplus, guidelib, openlib, libki dan lain-lain, namun yang paling banyak digunakan adalah subject plus. Contoh-contoh pathfinder online Perpustakaan Miami menggunakan subject plus adalah sebagai berikut :

pathfinder online di university of Miami Library
Image : Univeristy Miami Library Pathfinder Edited from Freepik,

Dari situs ini dapat kita lihat sebuah pathfinder online yang dikembangkan oleh perpustakaan Miami, United States. Pada sisi kanan terlihat daftar subject/bidang ilmu tersusun secara alfabetis. Sedangkan pada sisi kanan terlihat daftar dari pustakawan ahli dengan spesialis masing-masing bidang.

Sistem ini dikonsep untuk melihat daftar referensi dari setiap bidang ilmu, dan jika masih membutuhkan bantuan lain atau referensi lain, pengguna dapat menghubungi pustakawan spesialis bidang ilmu tersebut. Tentu di era new normal perpustakaan seperti saat ini, fasilitas ini sangat dibutuhkan oleh pengguna perpustakaan.

Pentingnya Pathfinder Untuk Perpustakaan

Jika dilihat dari fungsinya, keberadaan pathfinder online membuat seorang pustakawan lebih profesional dalam menyediakan informasi. Terutama di era new normal ini yang mengharuskan perpustakaan harus lebih sigap menyediakan berbagai fasilitas daring yang dapat dimanfaatkan pengguna untuk memperoleh informasi secara realtime tanpa harus berkunjung ke perpustakaan.

Baca juga Pengertian Institutional Repository di Era New Normal

Selain itu, perpustakaan yang menerapkan fasilitas daring akan lebih diminati oleh pengguna. Mengingat pengguna memiliki waktu yang lebih banyak di era new normal untuk meningkatkan keilmuannya, sehingga pengguna akan lebih sering mencari informasi dan rujukkan melalui internet. Jika saja, pengguna tersebut telah terkesan dengan sebuah perpustakaan yang biasa digunakannya melalui daring, maka ia akan kembali lagi di kemudian hari dengan tujuan yang sama, atau bahkan akan merekomendasikan ke teman dan kolega nya untuk memanfaatkan fasilitas daring perpustakaan.

Penutup

Maka kesimpulannya, tidak hanya pathfinder online di era new normal perpustakaan yang diharapkan ada di perpustakaan, melainkan berbagai inovasi-inovasi lain yang dapat diterapkan di perpustakaan selama era new normal masih berjalan. Selama perpustakaan dapat berinteraksi dengan pengguna secara daring, maka fasilitas daring juga harus disiapkan dengan cara penyajian yang berbeda-beda.

Sekian artikel tentang pentingnya pathfinder online di era new normal perpustakaan, jika ada kesempatan saya akan membagikan bagaimana cara membuat pathfinder online di perpustakaan untuk meningkatkan kualitas pelayanan perpustakaan selama era new normal ini. Salam.

Keyword
pathfinder online di era new normal, pentingnya fasilitas daring perpustakaan, peran pathfinder perpustakaan di era new normal, pathfinder online di era new normal perpustakaan, perlunya pathfinder online di era new normal perpustakaan, era new normal perpustakaan, fasilitas perpustakaan di era new normal, membuat pathfinder online di era new normal
Pustakawan yang banyak baca lupa praktek ini ingin belajar berbagi melalui tulisan dan belajar menulis dengan cara berbagi.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *