Membuat Form Pendaftaran Online di SLIMS 2020

membuat halaman baru di slims

Ruangreferensi.com – Terima kasih telah berkunjung di situs ini, artikel kita kali ini masih membahas seputar slims, ada beberapa teman dari komunitas perpustakaan bertanya mengenai  bagaimana cara membuat pendaftaran online di SLIMS. Setelah kita ketahui, slims ini merupakan aplikasi populer digunakan perpustakaan sebagai sistem automasi. Dengan sistem automasi perpustakaan, perpustakaan dapat dengan mudah melakukan semua aktifitas mulai dari entri data, sirkulasi, penambahan anggota, inventarisasi, stock opname hingga pelaporan, dengan aplikasi SLIMS semua dapat dilakukan.

Pendahuluan

Sebenarnya Senayan Library Information Management Systems (SLIMS) telah memiliki fitur keanggotaan yang sangat lengkap, karena pada fitur tersebut pustakawan dapat mengkategorikan jenis keanggotaan seperti guru, siswa, dosen, mahasiswa, karyawan, pegawai, umum dan sebagainya. Cara entri data keanggotaan juga disediakan dengan 2 cara yaitu cara manual dan cara import data dari dokumen excel.

Cara ini sebenarnya sudah efektif karena mempermudah mahasiswa untuk menggunakan segera memanfaatkan perpustakaan. Namun pada sebagian perpustakaan terutama perpustakaan perguruan tinggi, pendaftaran online di slims juga dibutuhkan sebagai salah satu cara memancing interaksi pengguna dengan perpustakaan, juga menjadi salah satu daya tarik pengguna terhadap perpustakaan karena untuk lebih sering di perbincangkan dengan aktifitas-aktifitas wajib di perpustakaan selama menjadi mahasiswa. Salah satu aktifitas wajib nya yaitu melakukan pendaftaran online di slims.

Dapatkah Dibuat Sistem Pendaftaran Online di Slims?

Tentu sangat mungkin mengembangkan plugin pada slims. Terutama slims ini sudah memiliki komunitas yang besar di setiap daerah di Indonesia maupun mancanegara. Kembali lagi dengan salah satu keunggulan SLIMS yaitu open source, artinya semua orang dapat melakukan pengembangan terhadap slims sesuai kebutuhannya.

Ada beberapa cara untuk membuat pendaftaran online di slims. Cara pertama yaitu dengan bantuan google form dan yang kedua dengan bantuan plugin.

Baca juga :

Pendaftaran Online di Slims Menggunakan Google Forms

Membuat pendaftaran online di slims menggunakan google form tergolong cukup mudah dan simpel. Cukup 5 menit untuk membuat pendaftaran online di slims dengan bantuan google form. Sebagai berikut langkahnya :

  1. Masuk ke Google Form atau klik disini
  2. Buat Formulir Baru dan isilah beberapa pertanyaan berupa data yang diperlukan seperti Nama, NIM, Alamat, dan sebagainya.
  3. Klik Pengaturan, centang pada “batasi pengguna”. Jika anda menggunakan email institusi saat membuat google chrome, akan ada pilihan batasi pengguna hanya di institusi anda atau batasi pengguna untuk wajib login ke gmail.
    membatasi pengguna pendaftaran online di slims
  4. Setelah itu klik tombol kirim dan pilih tombol “kode semat”, salin url tersebut.
    mengambil kode semat google forms
  5. Masuk ke Admin Slims, pilih Sistem>>Konten
  6. Buat konten Baru untuk halaman mendaftar online di slims
  7. pada kolom path, isi dengan nama yang unik dan mudah di ingat, contoh “registrasi“. path ini digunakan untuk memanggil halaman pendaftaran online di slims yang kita buat ini.
    klik source
  8. Klik pada tombol “source” kemudian paste kan kode semat google forms tadi, seperti gambar diatas.
  9. Langsung klik Simpan dan lihat hasilnya di https://domainslimsanda.com/index.php?p=registrasi
  10. Berikut ini adalah tampilan pendaftaran online di slims menggunakan google form.
    tampilan pendaftaran online di slims

Pendaftaran Online di Slims Menggunakan Plugin

Begitulah cara membuat pendaftaran online di slims menggunakan google formulir, Sedangkan cara membuat pendaftaran online di slims dengan bantuan plugin adalah sebagai berikut. Perlu diketahui, plugin ini adalah karya mas Ilham Armono yang awalnya plugin ini digunakan untuk pendaftaran member di setiadi untuk bisa mendapatkan akses fulltext. Namun ternyata, karena setiadi merupakan turunan dari aplikasi SLIMS, maka plugin ini sudah admin coba diterapkan di slims 8 akasia dan berhasil. Berikut langkahnya :

  1. Download Plugin Pendaftaran online di slims melalui situs resmi goslims atau disini 
  2. Ekstract file hasil tersebut
  3. Buka Cpanel aplikasi slims jika menggunakan hosting, dan buka folder xampp jika menggunakan server lokal.
  4. Copy file form.inc.php ke dalam folder cpanel anda /slims8/lib/contents , jika menggunakan xampp/htdocs/lib/contents.
    folder pendaftaran online di slims
  5. Karena form ini terintegrasi langsung dengan sistem keanggotaan slims anda, anda harus menyesuaikan filed tipe keanggotaan. caranya sebagai berikut :
    • Buka file form.inc.php yang telah anda copy tadi ke folder slims di cpanel maupun di localhost (xampp).
    • klik kanan kemudian klik Edit, jika di lokal klik edit menggunakan notepad++ dan sebagainya, carilah bagian member type.
      edit member type di slims
    • Ubah kode nilai value pada jenis keanggotaanya dan sesuaikan nama tipe keanggotaan, jika tipe keanggotaan anda terlalu banyak untuk mengetahui value/kode jenis keanggotaan anda harus masuk ke database phpmyadmin sebagai berikut :
      membuka phpmyadmin di cpanel
    • Setelah login ke phpmyadmin, bukalah database Slims Anda kemudian cari tabel mst_member_type kemudian lihat pada bagian member_type_ID.
      cara mengetahui ID member type di slims
  6. Setelah semuanya selesai di edit, Sekarang kita panggil hasilnya misalnya di https://domainslimsanda.com/index.php?p=form
  7. berikut ini adalah tampilan pendaftaran online di slims menggunakan plugin
    tampilan form pendaftaran online di slims menggunakan plugin

Baca juga : Cara Install Slims di Hosting

Kesimpulan

dari kedua cara mmbuat pendaftaran online di slims ini tentu masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Adapun kekurangan dan kelebihan pendaftaran online di slims menggunakan plugin maupun google forms akan admin jabarkan sebagai berikut.

Jika menggunakan Google Forms, data keanggotaan yang mendaftar bisa dibatasi hanya dengan email institusi tertentu atau minimal harus login ke gmail terlebih dahulu sehingga akan mengurangi data spam (asal-asalan). Selain itu menggunakan google form akan update notifikasi jika ada pendaftaran terbaru. Namun kekurangan dengan google form yaitu, data tidak terintegrasi dengan data keanggotaan sehingga harus menginput data manual ke SLIMS.

Sedangkan jika menggunakan plugin, kelebihannya adalah data sudah terintegrasi dengan data keanggotaan sehingga tidak perlu repot untuk entri ulang data keanggotaan, pengelola perpustakaan cukup aktivasi dengan cara menghilangkan ceklis “tunda keanggotaan” agar bisa melakukan peminjaman.

pendaftaran online tidak dapat langsung meminjam

Namun kekurangannya yaitu, data yang di input tidak terkontrol artinya siapa saja bisa melakukan pendaftaran online di slims tanpa ada batasan. Yang kedua tidak ada notifikasi jika ada pendaftaran baru, tapi hal ini bisa diantisipasi dengan cara mensortir data keanggotaan berdasarkan tanggal di ubah untuk melihat yang terakhir kali mendaftar.

Jika sudah anda pilih ingin menggunakan cara yang mana untuk membuat pendaftaran online di slims ini, Terakhir anda tinggal menambahkan navigasi pada menu di slims 8 yang ada pada direktori slimsanda/template/partial/nav.inc.php

Sekian artikel kali ini tentang bagaimana sih cara membuat pendaftaran online di slims menggunakan google form maupun plugin. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa langsung di praktekkan pada aplikasi perpustakaan anda.

Kata Kunci
cara membuat pendaftaran online di slims 8, cara mudah membuat pendaftaran di slims, pendaftaran online di slims akasia, registrasi online di slims akasia, membuat pendaftaran mandiri di slims akasia, registrasi online di slims, registrasi mandiri di slims, pendaftaran mandiri mudah di slims
Belajar Menulis, Belajar Berbagi Lewat Tulisan.

You May Also Like

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *