Pengertian Repository Institusi Terbaru 2020

pengertian repository institusi

Ruang Referensi – Jika mendengar kata repository tentu kita lebih familiar dengan istilah repository pada sistem teknologi informasi, yaitu sekumpulan paket program yang digunakan untuk mendukung sebuah program agar dapat berjalan pada sistem operasi tertentu. Namun di era keterbukaan informasi ini, kita akan mendengar istilah “repository Institusi”. Jadi apasih pengertian Repository institusi itu dan seperti apa sih tujuan serta manfaat repository bagi institusi maupun untuk umum? simak tulisan lengkapnya hanya di RuangReferensi.com.

pengertian repository institusi

Repository Institusi adalah wadah penyimpanan digital dari suatu institusi/lembaga yang bertujuan untuk menyimpan, mengelola, mempublikasikan dan melestarikan hasil karya intelektual institusi/lembaga tersebut untuk kepentingan akademis/penelitian. Biasanya Institusi yang memiliki repository salah satunya adalah Perguruan Tinggi. Menurut Surat Edaran Ristekdikti tentang Publikasi Karya Ilmiah Program Sarjana, Magister dan Doktor pada poin 1 berbunyi sebagai berikut :

lulusan program sarjana dan program sarjana terapan menyusun skripsi atau laporan tugas akhir dan mengunggahnya ke Repositori perguruan tinggi yang diintegrasikan di portal Repositori Tugas Akhir Mahasiswa Kemenristekdikti (rama.ristekdikti.go.id) kecuali apabila dipublikasikan di jurnal.

Dari poin tersebut, berarti secara tidak langsung pemerintah Indonesia melalui ristekdikti (sekarang RISTEKBRIN) menghimbau kepada seluruh institusi perguruan tinggi harus memiliki Repository Institusi sebagai wadah penyimpanan karya ilmiah civitas akademik untuk di integrasikan ke portal nasional yang bernama “rama.ristekbrin.go.id”.

Kita tarik kesimpulan, Jadi pengertian Repository Institusi merupakan suatu media digital untuk menyimpan dan mengelola seluruh aset digital suatu institusi, jika di perguruan tinggi aset penting tersebut diantaranya tugas akhir mahasiswa sarjana (skripsi), tugas akhir mahasiswa pascasarjana (tesis dan disertasi), tulisan ilmiah dosen (artikel), arsip digital universitas dan lain sebagainya dimana seluruh jenis konten tersebut dapat di buat kebijakan tersendiri untuk dapat diakses secara publik atau dibatasi hanya kalangan internal perguruan tinggi. Jika di sebuah lembaga/perusahaan, repository dapat digunakan sebagai wadah pengarsipan digital yang mampu menyimpan dan mengelola aset publik atau internal perusahaan secara online.

Dengan adanya repository, artinya perguruan tinggi atau lembaga secara tidak langsung sudah menerapkan pengabdian kepada masyarakat karena telah memberikan informasi publik yang bisa di manfaatkan oleh masyarakat secara umum. Maka dari itu, perguruan tinggi sangat penting memiliki repository salah satunya menjalankan tri darma perguruan tinggi yaitu pendidikan, pengajaran dan pengabdian kepada masyarakat.

Tujuan Repository

Seperti kita tahu pada bab sebelumnya, Keberadaan repository ini sangat penting untuk lembaga/institusi terutama perguruan tinggi. Bagi Perguruan tinggi, tujuan utama repository adalah membantu pengelolaan informasi dan aset akademik sebagai bahan pertimbangan strategi informasi mereka. Selain itu, perguruan tinggi akan dengan mudah mengkordinir aset informasi akademik mereka mulai dari mengumpulkan, mengidentifikasi, menyebarkan, menyimpan serta melakukan temu kembali aset intelektualnya. Tujuan lain dari adanya Repository Institusi adalah untuk memperlihatkan hasil-hasil penelitian perguruan tinggi secara global sehingga jika kamu adalah mahasiswa di Indonesia, dengan adanya Repository di Perguruan tinggi kamu, penelitian kamu bisa saja dikenal di seluruh Indonesia hingga ke luar negeri.

Manfaat Repository Institusi

Setelah membahas pengertian repository institusi beserta tujuannya, selanjutnya akan kita bahas manfaat dari Repository institusi. Setidak nya ada 2 jenis manfaat yang akan timbul dari adanya Repository institusi, yang pertama manfaat untuk institusi itu sendiri yang kedua adalah manfaat untuk publik (umum). kita bahas satu per satu.

Baca : Repository Terbaik di Aceh

Manfaat untuk Institusi Sendiri

adapun manfaat adanya Repository untuk institusi sendiri adalah sebaga berikut :

  • Sarana Penyimpanan, repository berfungsi sebagai sarana penyimpanan digital institusi, baik untuk menyimpan karya intelektual maupun arsip dan aset penting dari institusi/lembaga. Karena repository pada dasarnya memiliki sifat open access dan close access sehingga institusi tersebut dapat memilih konten mana yang dapat di buka dan mana yang harus di tutup.
  • Media Promosi Institusi, Secara tidak langsung keberadaan repository akan mempromosikan institusi terutama perguruan tinggi yang memiliki banyak karya karya intelektual nya tersebar luas di internet, sehingga masyarakat umum akan melihat seberapa besar manfaat dari hasil karya lulusan suatu perguruan tinggi tersebut.
  • Menghindari Plagiasi, banyak yang mengatakan dengan adanya repository dengan sistem terbuka maka karya karya yang tersebar di internet akan dengan mudah di duplikasi dan plagiasi. Namun faktanya, keberadaan repository justru akan menghindarkan tindakan plagiarisme, kenapa begitu? karena repository berfungsi sebagai media penyimpanan institusi yang tentu memiliki metadata yang lengkap mulai nama penulis, tanggal dan tahun terbit dan lain-lain, sehingga jika suatu karya di duplikasi atau plagiasi oleh orang lain, akan dengan mudah di lacak melalui internet atau setidaknya dapat diketahui siapa pemilik utama karya inteletktual tersebut. Apalagi saat ini sudah dihimbau oleh Ristekdikti untuk seluruh perguruan tinggi memiliki repository terintegrasi? wah semakin baik dong..
  • Meningkatkan indeks scholar, salah satu manfaat penting dari repository adalah mampu menambah nilai indeks di scholar. Jelas saja, jika suatu perguruan tinggi menerapkan sistem repository yang benar dan sesuai standar internasional, maka setiap data yang di unggah di repository akan memberi nilai indeks pada scholar. Semakin besar indeks scholar pada perguruan tinggi tentu akan menambah reputasi perguruan tinggi tersebut. Untuk manfaat google scholar bagi perguruan tinggi akan dibahas pada artikel tersendiri.
  • Menjalankan Salah Satu Tri Dharma Perguruan Tinggi, Secara tidak langsung perguruan tinggi yang memiliki repository yang dapat diakses secara publik baik sebagian atau seluruhnya (fulltext) telah menjalankan salah satu tri dharma perguruan tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat, karena perguruan tinggi telah menyajikan informasi publik yang berguna bagi masyarakat secara umum.

Baca juga

Manfaat Untuk Publik (Umum)

setelah mengetahui manfaat Repository untuk institusi sendiri, maka kita lanjutkan untuk melihat seberapa besar sih manfaat adanya Repository untuk masyarakat luas (umum/publik).

  • Sumber Referensi, manfaat utama yang ditimbulkan dari repository adalah sebagai sumber referensi. Di dunia pendidikan tidak lepas dari yang namanya tugas kuliah atau tugas akhir. Setiap mahasiswa selalu membutuhkan referensi yang relevan dengan tugasnya. selain itu, mahasiswa biasanya diminta untuk mencari sumber referensi yang kredibel untuk di kutip, salah satu sumber referensi yang kredibel adalah Repository institusi. Sumber refernsi kredibel yang kedua mungkin ruangreferensi.com ya 🙂
  • Media Perbandingan, dengan adanya repository, civitas akademik baik dosen dan mahasiswa dapat dengan mudah membuat perbandingan suatu penelitian baik sesudah atau pun sebelum memulai penelitian, jadi jika penelitian yang diminati sudah ada pada perguruan tinggi lain, maka civitas bisa saja membuat penelitian lanjutan yang berbeda dan tentunya dengan mencantumkan sumber referensi yang jelas ya.
  • Terhindar dari Niat Plagiasi, nah yang paling penting manfaat adanya repository adalah terhindar dari niat plagiasi. Karena cepat atau lambat kita akan sadar jika karya orang lain yang sedang saya baca saja di publikasikan di internet maka cepat atau lambat karya saya juga akan di publikasikan juga di Internet. Maka dari itu, manfaatkan repository dengan tujuan dan niat yang baik karena sudah banyak manfaat yang diberikan oleh Repository.

Penutup

Demikian artikel tentang Pengertian Repository Institusi Terbaru 2020, semoga artikel ini dapat memberikan manfaat kepada masyarakat umum terutama untuk pegiat tugas akhir yang sedang mencari referensi. Sebagai informasi tambahan, ruangreferensi.com akan terus update menulis artikel tentang seputar repository, tips mencari literature, dan kumpulan kumpulan repository yang ada di Indonesia. Maka dari itu langsung saja berlangganan di newsletter kami sehingga artikel baru akan kamu terima langsung melalui email. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa share kepada teman dan keluarga yang juga membutuhkan. Terima Kasih.

Kata Kunci
pengertian repository institusi, pengertian repository institusi perguruan tinggi, pengertian dan tujuan repository institusi, fungsi dan pengertian repository institusi, tujuan dan pengertian repository institusi, pengertian repository institusi terbaru, pengertian repository institusi serta tujuan dan manfaatnya, teori pengertian repository institusi, kumpulan pengertian repository institusi lengkap
pengertian repository institusi
Previous Post

No more post

Pustakawan yang banyak baca lupa praktek ini ingin belajar berbagi melalui tulisan dan belajar menulis dengan cara berbagi.

You May Also Like

3 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *