4 Perbedaan Skripsi dan Tesis serta Disertasi yang Perlu di Ketahui

perbedaan skripsi dan tesis serta disertasi

Perbedaan Skripsi dan Tesis serta Disertasi yang Perlu di Ketahui – Kuliah merupakan aktifitas yang sangat menyenangkan. Selain ilmu yang didapat dari setiap mata kuliah, kuliah juga diwajibkan menyelesaikan tugas akhir yang berbentuk sebuah penelitian dengan lingkup tertentu sesuai dengan bidang ilmu yang di emban.

Pengenalan Skripsi Tesis dan Disertasi

Tugas akhir yang disiapkan juga berbeda jika dilihat dari jenjang pendidikannya. Adapun tugas akhir untuk menyelesaikan kuliah dari setiap jenjang pendidikan adalah skripsi tesis dan disertasi. Jika skripsi merupakan tugas akhir dari jenjang sarjana (S1), maka tesis untuk jenjang magister (S2), sedangkan disertasi adalah tugas akhir dari jenjang pendidikan program doktor (S3).

Jadi apasih sebenarnya yang dikerjakan dari masing-masing tugas akhir itu? apa perbedaan skripsi dan tesis dan disertasi? kemudian apa keluaran dari setiap tugas akhir tersebut? untuk itu, artikel ini akan membahas pengertian skripsi tesis dan disertasi serta perbedaannya yang sangat penting untuk diketahui.

Pengertian Skripsi Tesis dan Disertasi

Pengertian Skripsi

Skripsi memiliki pengertian yang sangat kompleks. Skripsi merupakan istilah dari tugas akhir untuk jenjang pendidikan sarjana yang digunakan di Indonesia agar mahasiswa bisa mendapatkan gelar Sarjana dari lembaga perguruan tinggi tempat menimba ilmu. Dan perlu diketahui, skripsi ini hanya istilah di Indonesia sedangkan di luar itu sudah berbeda-beda.

Skripsi ini dikerjakan oleh mahasiswa program S1 untuk mendokumentasikan hasil penelitian dan ilmu pengetahuan nya secara struktur, baku, dan sistematis, serta di pertanggung jawabkan kepada dosen pembimbing dan penguji.

Dari pendokumentasian penelitian inilah kemudian tercipta sebuah karya tulis ilmiah yang berisi latar belakang penelitian, teori-teori terkait penelitan, metode penelitian, hasil penelitian serta hipotesa dan kesimpulan yang kemudian di sebut Skripsi.

Skripsi ini dibuat berdasarkan sebuah latar belakang masalah yang ada disuatu objek (tempat) penelitian. Dapat dikatakan skripsi ini merupakan suatu penelitian yang dilakukan untuk menjawab atau memperbaiki permasalahan.

Maka dari itu, selama masa pembuatan skripsi mahasiswa S1 dituntut untuk menuliskan semua pengetahuan dan kemampuannya dalam menyelesaikan suatu masalah yang timbul serta dapat memberikan solusi dari permasalahan baik berupa saran, rekomendasi, atau praktik langsung.

Pengertian Tesis

Jika kita sudah mengetahui pengertian skripsi, maka berbeda dengan pengertian tesis yang merupakan hasil karya ilmiah tertulis untuk program magister (S2). Tesis juga hanya dikenal di Indonesia sebagai tugas akhir program S2. Sedangkan jika di luar negeri pengertian tesis (thesis) adalah semua hasil karya ilmiah tertulis dari semua jenjang pendidikan.

Secara umum, proses pengerjaan tesis masih sama dengan skripsi yaitu mulai dari latar belakang timbulnya masalah, teori-teori terkait masalah, metode penelitian dan hingga hasil penelitian. Tetapi pada tesis, mahasiswa harus mencari akar permasalahan dari masalah tersebut. Jadi dapat dikatakan, tesis ini harus mampu menyelesaikan akar masalah terkecil dari sebuah masalah utama.

Selain itu, tesis program magister harus dapat memberikan teori atau argumen yang kuat di bagian teori terkait, sederhana nya seperti ini, jika pada skripsi terdapat 3 teori terkait masalah maka penulis menambahkan 1 teori perbandingan untuk menyelesaikan masalah sedangkan pada tesis jika terdapat 1 teori untuk suatu permasalah, maka harus dikembangkan menjadi banyak teori dengan argumen dan opini pribadi yang sangat kuat.

Pengertian Disertasi

Disertasi merupakan hasil karya ilmiah tertinggi dari semua jenjang pendidikan. Tugas akhir disertasi ini lah yang biasanya menjadi penentu apakah suatu penelitian tersebut dapat dibuktikan secara ilmiah atau tidak. Pada disertasi ini pula suatu penelitian dapat dipatenkan karena sarat akan sebuah teori baru (penemuan) hasil buah pikir si penulis.

Perbedaan Skripsi dan Tesis serta Disertasi

Setelah kita mengetahui pengertian skripsi, tesis, dan disertasi maka sekarang kita akan mencari tahu perbedaan skripsi dan tesis serta disertasi. Agar lebih mudah untuk dipahami, maka admin membuat perbandingan antara perbedaan skripsi dan tesis serta disertasi ini dalam bentuk tabel.

Perbedaan Skripsi Tesis Disertasi
Waktu penelitian ± 6 Bulan ± 6 – 12 Bulan ± 6 – 24 Bulan
Lingkup Penelitian Membahas kulit dari permasalahan Mendalami akar permasalahan Menyelesaikan permasalahan dengan temuan terbaru
Hasil Penelitian Saran & Rekomendasi ilmiah Praktik penyelesaian masalah secara ilmiah Teori dan Cara baru menyelesaikan masalah secara ilmiah
Kadar Keilmuan Penelitian yang berdasarkan pada “penerapan hukum positif dan atau konsep yang sudah mapan” Penelitian orisinil yang disajikan secara “Critical dan logical argumen terhadap teori yang ada” Penelitian dengan kadar “orisinilitas yang kuat dan sarat akan teori baru secara ilmiah”

Kesimpulan

Jika dilihat dari proses penelitian dan penyajian penelitiannya,  dapat diketahui bahwa perbedaan antara ketiga tugas akhir setiap jenjang pendidikan ini berbeda jauh terutama pada keluaran/output masing-masing penelitian.

Dari tabel diatas pula dapat diketahui secara jelas perbedaan skripsi dan tesis serta disertasi yang mungkin bisa memberikan pandangan yang luas kepada kita semua.

Namun perlu kita ketahui, skripsi tesis dan disertasi merupakan hasil buah pikir mahasiswa yang dituangkan secara empiris menjadi satu karya tertulis yang tidak mudah untuk dikerjakan. Semua bidang ilmu juga memiliki kesulitan tersendiri untuk menyelesaikan tugas akhir masing-masing jenjang pendidikan ini.

Baca juga : 10 Referensi Gratis untuk Menyelesaikan Skripsi

Maka dari itu, perbedaan antara skripsi tesis dan disertasi ini tidaklah menjadi tolak ukur dalam penyelesaian tugas akhir, melainkan sejauh mana niat dan kemampuan kita sebagai mahasiswa untuk menyelesaikan tugas akhir ini sangat menentukan terselesaikannya tugas akhir.

Penutup

Perlu teman-teman ketahui semua bahwa penulisan karya ilmiah itu mudah-mudah sulit, tips dari ruangreferensi adalah perbanyak literatur dari topik  karya itu sebelum kita memulai, jika dirasa literatur terkait topik pembahasan sedikit maka sebaiknya kita mengganti topik terlebih dahulu agar tidak terhenti di tengah jalan. Demikianlah informasi tentang pengertian dan perbedaan skripsi dan tesis beserta disertasi ini, semoga dapat memberikan manfaat untuk kita semua terutama untuk kita yang ingin mengetahui perbedaan antara ketiganya, sehingga mungkin dapat dijadikan referensi untuk memotivasi kita melanjutkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Referensi
  1. Trivpen : Perbedaan skripsi dan tesis serta disertasi
  2. Sevima : Pengertian Skripsi dan tesis dan disertasi
  3. Wikipedia : Tesis dan Disertasi
  4. Guru Pendidikan : Perbedaan skripsi dan tesis dan disertasi, jenis dan karakteristik
perbedaan skripsi dan tesis serta disertasi
Next Post

No more post

Belajar Menulis, Belajar Berbagi Lewat Tulisan.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *