Referensi 7 Bisnis Online Untuk Mahasiswa di Era New Normal

bisnis online untuk mahasiswa

Referensi 7 Bisnis Online Untuk Mahasiswa di Era New Normal – Menjadi mahasiswa merupakan hal yang menyenangkan. Di Zaman sekarang, menjadi mahasiswa sebenarnya dituntut untuk lebih kreatif dan mandiri. Mengingat tuntutan utama dari mahasiswa adalah belajar yang juga tidak sedikit, maka untuk dapat mewujudkan kreatifitas dan kemandirian di era saat ini mahasiswa dapat mencoba ber bisnis online untuk mahasiswa.

Bisnis Online Untuk Mahasiswa

Bisnis online merupakan pilihan tepat bagi mahasiswa karena memiliki waktu luang yang cukup sebelum memasuki dunia kerja sesungguhnya. Terlebih di era new normal ini yang mengharuskan semuanya serba daring tanpa tatap muka, maka sudah saatnya mahasiswa dapat memulai bisnis online untuk mahasiwa dari sekarang.

Berikut ini referensi 7 bisnis online untuk mahasiswa di era new normal yang patut di coba.

1. Membuat Media Online

Di era new normal ini, perusahaan-perusahaan berbasis online mengalami peningkatan kunjungan secara drastis. Hal ini merupakan peluang bagi mahasiswa yang memiliki waktu yang cukup banyak untuk belajar menulis konten yang baik sesuai dengan kaidah penulisan media online. Jika anda sudah memahami cara menulis konten yang baik, maka buatlah media online sesuai dengan passion anda misalnya media online kesehatan, media online berita, media online otomotif, maupun media online berbasis komunitas.

Jika media online yang anda bangun sudah berjalan lancar dan mendapatkan pengunjung yang banyak, tentu jangan kaget jika banyak tawaran iklan yang masuk ke email kamu ya, karena akan menghasilkan pundi-pundi rupiah untuk membantu memenuhi kebutuhanmu.

2. Les Private Online

Era new normal ini juga membuat perusahaan bimbingan belajar online semakin meningkat. Masih sama seperti referensi pertama, jika kamu memiliki bakat mengajar dan mendidik yang baik tentunya sesuai dengan passion yang anda kuasai, jangan sia-siakan kemampuan emas ini. Kamu bisa membuka jasa les privat secara online untuk siswa kelas SD, SMP maupun SMA sesuai dengan mata pelajaran yang kamu kuasai. Tawarkan di forum-forum orang tua secara online. Karena kamu masih merintis, tawarkan saja biaya les privat online dengan harga yang terjangkau dibawah pasaran les private biasanya.

Baca Juga : Tips Memilih Kampus di Era New Normal

3. Membuka Toko Online

Membuka toko online juga merupakan peluang bisnis online untuk mahasiswa yang menjanjikan untuk mahasiswa. Pasalnya, tidak hanya di era new normal saja orang-orang membutuhkan produk yang dibeli secara online. Ini merupakan peluang yang abadi untuk mahasiswa yang memiliki waktu cukup untuk berkembang.

Walupun toko online yang ada juga tidak sedikit, namun kamu tidak perlu ragu untuk membuka toko online dari sekarang. Kamu bisa mencoba dengan cara membuka toko online paling mudah dan minim resiko yaitu sistem dropship yang ada marketplace seperti shopee, tokopedia, dan bukalapak. Carilah supplier yang sudah besar dan bagus review nya, kemudian jual lah pada lapak mu sendiri maupun di media sosial. Jangan lupa untuk selalu menawarkan produk kamu secara daring kepada teman-teman terdekat dan keluarga, juga di grup-grup online yang relevan ya.

Jika kamu sudah ekspert menjual barang-barang daganganmu, maka kamu sudah boleh mencoba membeli barang sendiri dari supplier langsung dan dipasarkan secara online. Tentu dengan menjual langsung dan membeli banyak akan mendapatkan harga murah, dan tentunya akan menambah keuntungan juga.

4. Jasa Desain Grafis

Jika kamu seorang mahasiswa yang memiliki bakat desain grafis, sudah selayaknya bakatmu itu di bisniskan. Perlu kamu ketahui, seorang desainer grafis itu dibutuhkan di berbagai perusahaan. Kamu dapat mengasah bakat mu mulai sekarang saat menjadi mahasiswa dengan membuka jasa desain grafis secara profesional.

Kamu dapat menawarkan jasa desain logo, desain gambar, edit foto, desain infografis dan lain-lain di forum-forum online dengan berbagai dengan menyertakan portofolio desain yang pernah kamu buat. Kamu juga bisa mencoba dengan mengirimkan hasil desain mu (portofolio) ke email-email perusahaan besar untuk melakukan penawaran. Jika ada yang tertarik maka kamu akan di hubungi secara private. Itulah salah satu bisnis online untuk mahasiswa yang patut kamu coba.

5. Influencer Media Sosial

Di era new normal ini, media sosial sudah menjadi konsumsi pokok banyak orang. Banyak influencer terkenal saat ini rata-rata memulai karir sejak menjadi mahasiswa. Kamu juga punya peluang yang sama. Aktiflah di media sosial dengan selalu membagikan hal positif yang disukai banyak orang. Jika orang-orang menyukai postingan mu, maka kamu akan mendapat banyak dukungan (follower) yang tentunya akan menambah pundi-pundi rupiah mu saat datang tawaran iklan atau endorsment.

6. Jual Pulsa dan Pembayaran Elektronik

Menjual pulsa terkesan bisnis jadul yang sudah banyak ditinggalkan. Coba lihat counter-counter besar, mereka tetap fokus jual pulsa loh. Maka jangan anggap remeh bisnis jualan pulsa ini ya. Di era new normal ini, kamu punya peluang bisnis online untuk mahasiswa dengan menyediakan pulsa dan berbagai kebutuhan elektronik seperti pembelian token listrik, pembayaran air dan lain-lain. Juga jika diperlukan, sediakan juga jasa pembayaran ke toko online/marketplace seperti shopee dll.

Mulailah menawarkan kepada teman-teman sekelas, satu angkatan, kemudian satu jurusan dan kenalkan juga di media sosial fakultas dan kampus mu. Jangan lupa sediakan opsi menerima pembayaran via ovo, gopay dll. Buat selisih lebih murah dibanding dengan beli melalui dompet digital tersebut.

7. Youtuber

Nah, yang paling banyak digeluti oleh mahasiswa saat ini adalah menjadi seorang Youtuber. Pasalnya saat ini youtuber tidak hanya dijadikan tempat untuk mencari hiburan melainkan bisnis yang nyata. Untuk menjadi seorang youtuber yang berpenghasilan, buatlah konten-konten menarik yang membuat orang suka untuk menonton video mu. Misalnya kamu jurusan Kimia di salah satu kampus, buatlah video video youtube tentang reaksi kimia saat 2 bahan kimia di satukan.

Begitu juga jika kamu seorang mahasiswa jurusan teknik arsitektur, buatlah rancangan-rancangan mini yang menarik untuk ditonton banyak orang. Kumpulkan hingga kamu memiliki minimal 1000 subscriber dan video mu ditonton sebanyak 4000 jam agar dapat mendapat penghasilan.

Penutup

Terlepas dari referensi bisnis online untuk mahasiswa diatas, kamu sebagai mahasiswa tetap jangan lupa untuk menyelesaikan studi karena menyelesaikan perkuliahan adalah kewajiban utama seorang mahasiswa, sedangkan bisnis online untuk mahasiswa dapat dijadikan sampingan pendapatan untuk belajar mengisi waktu luang mahasiswa. So, tetap utamakan yang harus di utamakan ya. Demikianlah artikel singkat tentang referensi 7 bisnis online untuk mahasiswa di era new normal ini, semoga menarik untuk dibaca dan bermanfaat untuk kita semua.

Belajar Menulis, Belajar Berbagi Lewat Tulisan.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *