7 Setup Wajib Slims 9 Bulian setelah Install

setup wajib slims

7 Setup Wajib Slims 9 Bulian Setelah Install – Setelah Bapak/Ibu berhasil install aplikasi SLIMS 9 Bulian di hosting maupun di server lokal (xampp), artinya anda sudah dapat menggunakan aplikasi SLIMS untuk keperluan perpustakaan. Namun ada beberapa hal yang wajib dilakukan sebagai setting awal. Hal ini dilakukan karena hasil instalasi bawaan aplikasi slims 9 bulian belum sepenuhnya memberikan identitas perpustakaan anda sehingga perlu dilakukan setup awal pasca instalasi.

Setup Wajib SLims 9

Menurut ruangreferensi.com, setidaknya ada 7 setup wajib slims 9 bulian yang harus segera dilakukan agar aplikasi slims anda siap untuk di dikenal dunia, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Mengganti Nama default Perpustakaan

Hal ini sudah wajib dilakukan agar pengunjung bisa mengetahui nama perpustakaan kita. Selain sebagai identitas kita secara publik, mengganti nama default perpustakaan di slims 9 ini kurang lebih akan memberi manfaat yang sama seperti kita mengganti nama default perpustakaan di slims versi pendahulunya yaitu Slims 8 versi akasia dan lain-lain.

Mengganti nama default perpustakaan  di sistem pastinya secara otomatis akan mempengaruhi beberapa tampilan misalnya seperti Nama Perpustakaan anda di label buku, sedangkan jika anda mengganti nama default perpustakaan di slims versi 9, ini juga akan mengikuti perubahan nama perpustakaan misalnya pada tampilan footer, dan tampilan tentang perpustakaan jadi sudah tahukan kenapa mengganti nama perpustakaan merupakan setup wajib slims.

Adapun cara mengganti nama default perpustakaan pada slims 9 ini cukup mudah, tidak perlu koding sama sekali, anda hanya perlu masuk ke aplikasi slims 9 bulian anda kemudian pilih menu sistem>>Pengaturan Sistem >>Ubahlah Nama perpustakaan dan isilah nama tambahan perpustakaan sebagai penguat identitas Perpustakaan Anda. Seperti gambar sebagai berikut :
Informasai Pengaturan Sistem

2. Mengganti Logo Slims

Mengganti logo slims juga merupakan setup wajib slims yang harus segera dilakukan setelah mengganti nama perpustakaan. Peran logo disini masih sama dengan setelan nama perpustakaan, yaitu sebagai identitas utama aplikasi slims 9 bulian anda. Untuk mengganti logo perpustakaan pada slims anda butuh sedikit koding karena harus masuk ke cpanel. Karena tutorialnya juga agak panjang jadi admin mencoba membuat tutorial mengganti logo slims 9 bulian ini terpisah, silahkan baca disini :

Mengganti Logo Slims 9 Bulian

Nah, mungkin sedikit saran dan masukan kepada tim Pengembang Slims di seluruh nusantara, sejauh ini belum ada versi slims secara default memiliki fitur ganti logo melalui front end, padahal ini merupakan settingan yang wajib di lakukan untuk semua perpustakaan yang akan menggunakan slims. Jika ada yang berminat monggo di coba untuk membuat plugin atau settingan ganti logo slims tanpa koding agar dapat membantu setup wajib slims via front end.

3. Mengganti Slider Slims 9

Salah satu fitur unggulan slims versi terbaru adalah terdapat 4 foto slider yang membuat tampilan slims versi 9 ini sangat berbeda. Jika pada slims akasia hanya menonjolkan kolom pencarian pada homepage, maka pada Slims versi 9 ini di desain layaknya sebuah situs profil perpustakaan, karena pada homepage slims 9 bulian pengguna tidak hanya dapat mencari buku melalui kolom pencarian melainkan secara default dapat melihat informasi yang di unggulkan seperti slider, daftar buku populer, pengunjung paling aktif dan lain-lain. Tutorial mengganti slider slims 9 dapat anda lihat pada artikel berikut ini.

Cara Mengganti Slider Slims 9

4. Aktifkan Tampilan Responsive

Nah, pada slims versi 9 Bulian ini kita dapat mengaktifkan atau menonaktifkan tampilan responsive mobile. Secara default pengaturan slims 9 bulian menonaktifkan fitur responsive di mobile sehingga pada saat kita mengakses slims melalui HP maka tampilannya akan berubah menjadi tampilan mobile klasik. Tema tersebut adalah tema yang ringan sehingga akan menghemat data saat pengguna membuka lewat mobile. Namun karena tampilan SLIMS 9 Bulian ini memang sangat cakep, maka rugi rasanya tidak mengaktifkan fitur responsive pada mobile maka dari itu mengaktifkan tampilan responsive slims juga termasuk setup wajib slims ya teman-teman.

Mungkin anda tertarik :

Adapun cara mengaktifkan tampilan responsive slims 9 bulian adalah cukup masuk sebagai admin dengan username dan password slims anda. Pada menu pengaturan sistem pilih tema>>Default>>Penyesuaian. Pada pilihan “Enable this theme for mobile”, klik “Yes Please”. Seperti gambar berikut ini.

setting tampilan mobile

5. Pengaturan IP Visitor Counter

Jangan lupa juga anda dapat mengaktifkan visitor counter agar dapat diakses oleh anda atau banyak IP. Pasalnya, saat anda mengakses halaman visitor counter di https:/domainanda/index.php?p=visitor anda akan dialihkan kembali ke halaman homepage slims 9 bulian. Hal ini sebenarnya bertujuan agar tidak semua orang dapat mengakses visitor counter untuk hal yang tidak di inginkan jadi dibatasi pada IP IP tertentu saja misalnya pada komputer kunjungan fisik di perpustakaan. Namun jika anda ingin mengaktifkan nya anda dapat masuk ke pengaturan sistem pada “Visitor Conter by IP” ubah pilihannya menjadi “tidak mungkin” seperti gambar dibawah ini.

visitor counter by IP slims

Nah anda juga dapat memberi izin pada IP komputer tertentu saja yang dapat mengakses visitor counter dengan cara mengisi nomor IP masing-masing komputer pada form “Allowed Counter IP”.

6. Menambah Menu Login Slims 9

Sedikit berbeda dengan Slims versi lainnya, pada slims 9 bullian anda tidak akan menemukan menu untuk login seperti pada slims versi pendahulu. Untuk alasan keamanan yang di perketat, anda harus mengingat url untuk login ke aplikasi Slims secara mandiri. Namun jika anda masih ingin memberi menu login sebagai setup wajib slims ini, anda dapat mengikuti panduannya pada tutorial berikut ini :

Menambah Menu Pilihan Login Slims 9 Bulian 

7. Mengganti Informasi Peta Slims 9

Setup terakhir yang tentunya di perlukan adalah dengan mengganti Informasi Peta Lokasi perpustakaan pada slims 9 bulian. Karena pada versi ini, aplikasi SLIMS memiliki fitur tampilan lokasi website sehingga dapat dijadikan menjadi 2 fungsi di perpustakaan yaitu OPAC dan Website utama. Silahkan baca tutorial mengganti informasi peta disini.

Penutup dan Kesimpulan

Sekarang anda sudah mengetahui setup wajib slims 9 sebelum anda siap untuk di mempromosikan aplikasi perpustakaan anda. Jika dilihat dari fungsinya, Slims 9 dengan slims versi sebelumnya masih memiliki kesamaan utama yaitu sebagai sistem automasi perpustakaan, hanya saja pada slims 9 sudah diberikan berbagai kemudahan dengan tampilan yang juga dapat dijadikan website utama perpustakaan.

Demikianlah sedikit informasi mengenai 7 setup wajib slims yang dilakukan setelah instal  baik di hosting maupun di server lokal. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua jika ada yang mungkin perlu ditambah pada setup wajib slims ini silahkan tambahkan di kolom komentar, terima kasih.

Belajar Menulis, Belajar Berbagi Lewat Tulisan.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *