10 Contoh SOP Perpustakaan Berserta Flowchart Terbaru

SOP Perpustakaan dan flowchart

10 Contoh SOP Perpustakaan Beserta Flowchart Terbaru – Bekerja di perpustakaan merupakan hal yang menyenangkan. Disamping membagikan ilmu kepada pengguna, seorang pustakawan juga memiliki peluang untuk mengembangkan ilmu pengetahuan karena hidup dan bekerja dikelilingi oleh orang-orang yang pintar karena datang ke Perpustakaan.

Jika kita berbicara mengenai pekerjaan di perpustakaan, tentu bukan hal yang mudah untuk dapat membangun perpustakaan yang baik dan sesuai dengan standar. Terlebih jika orang yang bekerja tersebut bukanlah lulusan ilmu perpustakaan, tentu harus banyak belajar kembali. Hal ini masih banyak terjadi di berbagai perpustakaan di seluruh di Indonesia yang biasanya mengerjakan guru atau pegawai administrasi untuk mengurus/merangkap sebagai pengelola perpustakaan (pustakawan).

Padahal, untuk mengelola sebuah perpustakaan bukanlah hal yang mudah terlebih jika perpustakaan ingin maju mengikuti standar nasional republik Indonesia, maka sudah selayaknya pustakawan lah yang mampu mengelola perpustakaan dengan baik dan benar. Selain itu, syarat utama menjadi seorang pustakawan adalah sarjana ilmu perpustakaan.

Kembali ke topik pembahasan, fakta di lapangan juga sering terjadi pada saat pustakawan mulai berfikir untuk mengembangkan perpustakaan dengan membuat berbagai standar operasional prosedur atau dikenal dengan SOP, maka pustakawan harus menyiapkan sebuah SOP perpustakaan dengan mengikuti standar yang berlaku.

Nah pada artikel ini, kita akan mencoba membahas tentang SOP Perpustakaan, bagaimana pembuatan SOP yang baik beserta contoh-contoh SOP Perpustakaan yang ada di Indonesia. Jika kamu adalah pustakawan, tentu hal ini menjadi mudah, namun jika kamu bukan pustakawan tapi memiliki tugas membuat SOP perpustakaan, tidak usah berkecil hati karena pada artikel ini akan diajarkan cara membuat SOP perpustakaan beserta contohnya.

Pengertian SOP Perpustakaan

Selain di dunia bisnis, dunia pendidikan juga sangat dikenal dengan banyaknya administrasi yang harus di siapkan. Salah satu unit di dunia pendidikan dengan banyak sistem administrasi adalah Perpustakaan. Maka dari itu artikel ini akan membahas tentang SOP Perpustakaan.

Istilah SOP sering terdengar pada saat proses bekerja, suatu waktu tentu pernah ditanya atau bertanya adakah SOP nya? seperti apa SOP nya? dan lain sebagainya. Secara umum, SOP ini merupakan suatu dasar panduan dalam bekerja. Tentu dengan ada ny panduan tersebut akan menghasilkan output bekerja yang maksimal.

SOP atau dikenal dengan Standar Operasional Prosedur bertujuan utuk memastikan suatu pekerjaan terlaksana dengan tepat, cepat, efektif dan efesien sesuai dengan alur yang ditetapkan.Dengan adanya SOP, pelaksana tidak akan kerepotan lagi harus memulai dari manakah pekerjaan ini, apa saja yang diperlukan dan apa hasil dari pekerjaan ini dan sebagainya.

Begitu juga di perpustakaan, SOP perpustakaan dibutuhkan untuk memberi panduan terkait berbagai aktifitas/pekerjaan yang ada di dalam perpustakaan baik untuk pekerjaan yang dilakukan sendiri maupun pekerjaan yang dilakukan saat bertemu dengan pengguna (pemustaka).

Selain itu, fungsi SOP dan flowchart Perpustakaan adalah sebagai quality control atas para pekerja di perpustakaan yaitu pustakawan dan tenaga administrasi. Dari hasil pekerjaan akan terlihat apakah proses bekerja sudah melalui tahap sesuai anjuran SOP atau belum. Maka dari itu, SOP Perpustakaan bisa dijadikan suatu pedoman yang harus dipatuhi oleh seluruh pekerja jika ingin mendapatkan hasil kerja yang memuaskan.

Cara Membuat SOP Perpustakaan

Sebelum membuat SOP dan flowchart perpustakaan dan juga flowchart, ada baiknya anda mengetahui terlebih dahulu standar pengelolaan perpustakaan yang disarankan oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Karena standar pengelolaan setiap jenis perpustakaan berbeda. Silahkan baca standar nya disini :

  • Standar Pengelolaan Perpustakaan Umum (Download)
  • Standar Pengelolaan Perpustakaan Sekolah (Download)
  • Standar Pengelolaan Perpustakaan Perguruan Tinggi (Download)
  • Standar Pengelolaan Perpustakaan Khusus Instansi Pemerintah (Download)

Karena pembuatan SOP dan flowchart perpustakaan ini merupakan hal yang kompleks, artinya tidak hanya perpustakaan yang membuat SOP tetapi semua bidang pekerjaan membutuhkan SOP. Maka dari itu, disini akan kita bahas tips membuat SOP Perpustakaan yang baik dan benar secara umum. Adapun yang harus diperhatikan dalam membuat SOP Perpustakaan adalah sebagai berikut :

  • Adanya tim untuk menyusun SOP, jika di perpustakaan biasanya stake holder yang terlibat dalam penyusunan sebuah SOP adalah Kepala Perpustakaan, Wakil Rektor Terkait, Kepala HR dan Kepala Biro Terkait. Sebagai contoh, anda ditugaskan untuk membuat SOP Perpustakaan  tentang Penyerahan Karya Ilmiah Dosen ke Perpustakaan Perguruan Tinggi, maka tentunya anda harus mengundang unit terkait seperti LPM, LP2M maupun kepala program studi di perguuruan tinggi. Hal ini merupakan yang paling sulit dilakukan karena belum tentu semua orang siap dan paham untuk membuat SOP dan flowchart perpustakaan.
  • Mempelajari Alur Sistem Bisnis dan Pengumpulan data, tentu perpustakaan juga sudah merupakan tempat yang besar dengan banyak sistem yang harus kita ikuti. Maka dari itu, jika anda seorang ahli IT, proses ini merupakan hal yang tepat untuk dinikmati. Dalam penentuan alur sistem bisnis biasanya anda akan mencatat dari awal sampai akhir proses pekerjaan apa saja yang ada di perpustakan dan didampingi seterusnya oleh Pustakawan.
  • Review oleh Rekan Sejawat, setelah anda memahami proses bisnis yang ada di perpustakaan beserta kelengkapan datanya, maka dari itu anda harus mencoba memperlihatkan SOP Perpustakaan yang anda buat sebelumnya.
  • Test/Simulation, Simulasi atau tes dari sebuah alur bisnis yang dilangkahi merupakan hal wajib. Hal ini bertujuan untuk melihat seberapa efektif SOP perpustakaan yang dibuat diterapkan. Selain itu, kita dapat mengetahui apa kekurangan SOP perpustakan yang dibuat sehingga dapat di revisi terlebih dahulu

Jenis-Jenis SOP Perpustakaan

Biasanya jika kita membuat SOP perpustakaan, kita akan membuat kategori dari berbagai SOP tersebut. Adapun jenis SOP Perpustakaan yang paling umum dan sering muncul adalah sebagai berikut :

  • Sirkulasi, Standar Operasional Prosedur (SOP) Perpustakaan bidang sirkulasi meliputi SOP Peminjaman, SOP pengembalian, dan SOP Perpanjangan
  • Pendaftaran anggota, biasanya meliputi SOP Pendaftaran anggota perpustakaan dan SOP Daftar Online anggota perpustakaan. Selain itu, termasuk juga SOP Penghapusan data keanggotaan yang sudah tidak aktif.
  • Pelayanan, biasanya meliputi SOP Pelayanan digital, SOP pencarian buku, SOP Akses layanan digital, SOP pendataan buku yang dibaca , SOP Layanan fotocopy dan lain sebagainya.
  • Acara, biasanya jika perpustakaan sering mengadakan acara maka SOP Perpustakaan terkait acara juga perlu di siapkan agar mudah kedepannya.
  • Pengembangan, yaitu semua hal terkait pengembangan koleksi baik koleksi fisik (tercetak) maupun koleksi digital (langganan). Juga termasuk SOP Penggantian buku hilang dan SOP entri data koleksi ke sistem.
  • SOP Peningkatan Karir, hal ini biasanya dimiliki oleh bagian HRD Institusi masing-masing. Namun untuk berbagi pengalaman maka sebaiknya juga dibuat SOP terkait peningkatan karir di unit kerja Perpustakaan.

Contoh SOP Perpustakaan

Setelah kita mengetahui sebagian besar SOP yang ada di perpustakaan, maka sudah saatnya kita mengetahui seperti apa contoh SOP yang baik dan benar. Pada contoh dibawah ini kita mengambil dari beberapa sumber yang berbeda. Namun jika anda ingin mengunduh format SOP dan Flowchart silahkan klik dibawah ini :

Download Format SOP dan Flowchart Perpustakaan

SOP Perpustakaan Sekolah

sop peminjaman perpustakaan sekolah
SOP Pengembalian Perpustakaan SMKN1 Kepanjen
sop perpustakaan sekolah
SOP Peminjaman Perpustakaan SMKN1 Kepanjen

SOP Perpustakaan Perguruan Tinggi

sop perpustakaan uma
Contoh SOP Permintaan Password Anggota Perpustakaan Universitas Medan Area
flowchart perpustakaan uma
Contoh Flowchart Permintaan Password Anggota Perpustakaan Universitas Medan Area
flowchart perpustakaan
Flowchart Penyerahan skripsi Perpustakaan Universias Muhammadiyah Surabaya
sop perpustakaan perguruan tinggi
SOP Penyerahan skripsi Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surabaya

SOP Perpustakaan Umum

 

sop perpustakaan umum
SOP Layanan Registrasi Ulang Anggota Perpustakaan Kabupaten Indramayu
Flowchart Dinas Perpustakaan Kabupaten Indramayu
Flowchart Registrasi Ulang Anggota Perpustakaan Kabupaten Indramayu

SOP Perpustakaan Khusus

untuk SOP dan Flowchart perpustakaan khusus, anda bisa melihat contoh yang cukup bagus dari SOP perpustakaan Batan Indonesia disini.

Contoh SOP dan Flowchart Perpustakaan Khusus Instansi Pemerintah

Penutup

Sekarang anda sudah mengetahui beberapa contoh SOP perpustakaan beserta Flowchartnya. Setelah membaca artikel ini, diharapkan anda mampu membuat berbagai standar dan flowchart dari semua kegiatan yang ada di Perpustakaan. Demikianlah artikel tentang SOP perpustakaan ini, semoga bermanfaat untuk kita semua.

SOP Perpustakaan dan flowchart
Next Post

No more post

Belajar Menulis, Belajar Berbagi Lewat Tulisan.

You May Also Like

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *