10 Tips Memilih Kampus di Era New Normal

tips memilih kampus di era new normal

Ruangreferensi.com – Era new normal sangat mempengaruhi sistem pendidikan di Indonesia. Kamu yang baru saja lulus SMA dan berniat melanjutkan pendidikan tinggi, kamu harus mempersiapkan diri lebih baik lagi di era new normal ini. Beberapa rangkuman ini mungkin bisa jadi tips memilih kampus di era new normal dan kami harapkan dapat membuka pandangan tentang cara mengetahui suatu kualitas pelayanan kampus di era new normal. Jangan salah pilih kampus, karena untuk menjalani 4 tahun masa pendidikan tidaklah sebentar, apalagi harus kamu habiskan sampai 6 tahun ya.

Pendidikan di Era New Normal

Sistem Pendidikan di era new normal pun berubah, mulai dari proses registasi tanpa datang ke kampus, pengisian kartu rencana studi di rumah saja, proses belajar mengajar tanpa tatap muka dengan dosen, bahkan sampai proses sakral penyelesaian studi (wisuda) pun sudah berubah menjadi wisuda daring. Maka dari itu, perlu untuk diketahui sejak dini tips memilih kampus di era new normal agar kamu dapat menemukan kampus yang ideal dengan keadaan era new normal saat ini.

Tidak Cukup Melihat Akreditasi Kampus

Jika secara turun temurun diajarkan mencari kampus yang terbaik adalah dengan melihat akreditasinya, namun di era new normal ini sepertinya faktor ini tidak cukup untuk membuat keputusan pilihan kampus. Kamu boleh jadi menemukan kampus dengan akreditasi yang bagus dan sempurna, namun bisa saja akreditasi yang diperoleh kampus adalah sebelum era new normal ini, dan kita tidak tahu apakah kampus tersebut tetap baik dengan menerapkan berbagai sarana dan fasilitas daring selama era new normal atau tidak. Maka berberapa tips memilih kampus di era new normal ini kami siapkan untuk mu.

Tips Memilih kampus di Era New Normal

Mencari Referensi Jurusan Kuliah

Yang pertama sebagai Tips memilih kampus di era new normal adalah dengan menentukan jurusan. Kamu harus menentukan terlebih dahulu jurusan apa yang anda inginkan. Tentunya dengan melihat potensi diri anda sendiri ada dimana. Siapkan 2 atau 3 jurusan yang paling anda sukai dan mendekati dengan potensi bakat anda dan segera cari referensi lanjutan tentang masa depan jurusan anda. Namun biasanya menjadi seorang mahasiswa, kesuksesan masa depan tidak hanya terletak dari jurusan anda kuliah melainkan banyak faktor lainnya terutama faktor diri sendiri. Maka dari itu, di era new normal ini penting untuk anda memilih jurusan yang anda sukai namun memiliki bakat lain yang terus di gali selama kuliah, maka bukan tidak mungkin saat anda lulus kuliah, jurusan anda akan menjadi pintu masuk tempat bekerja dan potensimu akan menjadi jalan untuk terus mengembangkan karir.

Akreditasi Kampus dan Jurusan

Setelah anda menemukan jurusan yang anda minati, segera cari kampus mana yang memiliki jurusan tersebut. Jangan lupa data akreditasi kampus dan jurusannya ya. Untuk melihat data akreditasi kampus dan jurusan yang akurat dan kredibel kamu perlu mencari tahu akreditais kampus dan jurusan secara online. Pastikan kampus dan jurusan yang telah kamu pilih sudah terakreditasi oleh BAN-PT dengan peringkat A atau Minimal B.

Baca : Cara Cek Akreditasi Kampus dan Jurusan Secara Online

Memiliki Situs Pendaftaran Online

Tips Memilih kampus di era new normal lainnya adalah Setelah kamu menemukan kampus yang tepat dan jurusan yang sesuai dengan minat, sekarang saatnya kamu mengulik informasi dari internet tentang situs penerimaan mahasiswa baru di kampus tersebut. Ketiklah beberapa kata kunci di pencarian internet nama kampus+penerimaan mahasiswa baru. Jika anda menemukan link pendaftaran mahasiswa baru dari kampus tersebut, berarti kamu dapat melakukan pendaftaran dari tanpa harus keluar rumah.

Informasi Lengkap Prestasi Sumber Daya Manusia

Masih lanjut mengulik informasi dari internet, lihat pada situs utama kampus tersebut, apakah mereka memberikan informasi yang up to date? atau bahkan informasi yang disajikan malah informasi jadul dan tidak sesuai dengan kebutuhan sekarang? pastikan juga pada website utama kampus tersebut memiliki berita-berita positif terkait prestasi mahasiswa dan prestasi dosen kampus. Terutama di era new normal ini, banyak tidak kah aktifitas dosen dan mahasiswa melakukan webinar (seminar daring)? Banyak tidak jurnal yang telah di tulis oleh dosen-donse dan aktifitas lainnya yang melibatkan pihak eksternal. Hal itu dapat memberi petunjuk kalau kampus incaran kamu itu tidak hanya baik secara internal melainkan banyak juga prestasi di luar kampus.

Memiliki Fasilitas Kesehatan

Jika masih sempat, jangan lupa untuk periksa melalui internet apakah kampus incaran mu menyediakan fasilitas kesehatan? Karena memiliki fasilitas kesehatan termasuk tips memilih kampus di era new normal.  Dengan kondisi seperti ini tentu sangat diperlukan fasilitas kesehatan kampus. Jangan sampai suatu kejadian kecil yang membutuhkan pertolongan pertama namun karena tidak adanya fasilitas kesehatan  malah terjadi hal-hal yang tidak di inginkan. Jadi fasilitas ini wajib kamu cari tahu ya.

Akses Transportasi yang Mudah

Jangan terkecoh dengan lokasi kampus yang strategis. Lokasi strategis belum cukup untuk menjadikan kampus pilihan. Melihat akses transportasi yang mudah juga termasuk salah satu tips memilih kampus di era new normal. Pastikan terlebih dahulu adakah transportasi umum yang melewati kampus tersebut? Banyak tidak jumlah transportasi umumnya? Terutama di era new normal ini jangan sampai karena jumlah alat transportasi umum yang sedikit membuat kamu berdesak-desakan setiap hari pergi ke kampus dengan orang lain. Walau kamu memiliki kendaraan sendiri atau kamu memiliki cukup biaya untuk ongkos transportasi online, kamu harus tetap perhatikan faktor ini ya.

Memiliki Fasilitas Belajar Mengajar Daring

Faktor lain yang tidak kalah penting kamu perhatikan untuk memilih kampus di era new normal ini adalah dengan melihat seberapa besar fasilitas belajar mengajar secara daring yang dimiliki kampus. Oh iya, faktor ini adalah hal yang wajib di catat sebagai salah satu tips memilih kampus di era new normal. Biasanya yang paling standar dari suatu perguruan tinggi menyediakan fasilitas belajar mengajar daring adalah dari Google Classroom, diatas itu menggunakan aplikasi open source atau sewa aplikasi untuk kuliah online, dan yang versi hyper memiliki aplikasi sendiri untuk menjalankan kuliah online (daring). Hal ini wajib kamu perhatikan ya, jangan sampai kamu kuliah online di era new normal ini menggunakan Whatsapp Group atau facebook group hihi.

Memiliki Sarana Perpustakaan & Laboratorium yang Baik

Jangan lupa juga saat menjelajah di website kampus untuk melihat sarana pendukung kegiatan belajar mengajar selama era new normal ini dengan melihat perpustakaan dan laboratorium nya. Apakah sarana tersebut dapat digunakan secara daring juga selama new normal? tentu ini menjadi daya tarik tersendiri untuk kampus yang memiliki fasilitas perpustakaan dan lab yang dapat diakses secara online. Jangan lupakan tips memilih kampus di era new normal ini ya, walaupun terkesan biasa namun dengan kondisi seperti ini, sarana pendukung belajar mengajar juga harus mengikuti keadaan new normal. Misalnya sarana perpustakaan kampus yang menyediakan akses lokal konten dapat diakses secara online (repository), Modul laboratorium dapat diakses secara online dan tatap muka daring dengan laboran dan lain-lain.

Baca juga : Pengertian Repository Perguruan Tinggi

Informasi yang Update Melalui Sosial Media dan Website

Tips memilih kampus di era new normal lainnya adalah memeriksa media sosial kampus. Tidak kalah penting dengan faktor lain, walau terdengar sepele namun ini menunjukkan sebuah keaktifkan dari kampus incaran kamu loh. Di era new normal ini, semua perangkat elektronik yang terkoneksi internet harus dimanfaatkan ke arah yang lebih positif, terutama media sosial. Carilah profil media sosial kampus incaran kamu dan lihat seberapa sering mereka udpate informasi di media sosial. Kampus yang aktif di media sosial baik itu instagram, facebook, maupun Youtube biasanya memiliki kemampuan sumber daya yang handal dalam menangani aktifitas kampus. Jika media sosial saja terurus dengan baik, apalagi kamu sebagai mahasiswa yang kuliah pasti juga akan terlayani dengan baik dong pastinya.

Konsultasikan Dengan Orang Terdekat

Terakhir, setelah anda ketahui ke 9 informasi sebagai tips memilih kampus di era new normal ini, alangkah baiknya konsultasikan kembali kepada orang terdekat mu baik orang tua, saudara maupun kolega yang lebih berpengalaman dari kamu. Karena dengan ini, kamu dapat bertukar pendapat dan pandangan dengan orang terdekat mu dan mendapat masukan lebih tentang pilihan  kampus dan jurusan yang telah kamu siapkan.

Kesimpulan

Memilih kampus memang tidak mudah, terlebih memilih kampus di era new normal ini tentu juga akan merepotkan. Terlebih jika kita tidak begitu paham dengan sistem dan keadaan nyata di dalam kampus, untungnya di era keterbukaan informasi ini kita harus pintar-pintar mencari sumber informasi yang tepat. Kemudian berbicara dengan orang yang lebih tua itu wajib ya terutama untuk membuat sebuah keputusan besar, harus ada masukan dan pendapat dari orang terdekat.

Demikian artikel tentang 10 tips memilih kampus di era new normal ini, semoga dapat membantu mencari kampus yang ideal untuk mu di era new normal ini. Namun yang terpenting tetap jangan lupa untuk menjaga kesehatan di era new normal ini agar kita tetap aman dan terhindar dari Covid-19. Terima kasih.

Baca : 10 Jurusan Ilmu Perpustakaan Terbaik

Sumber : BAN-PT

tips memilih kampus di era new normal
Previous Post

No more post

Belajar Menulis, Belajar Berbagi Lewat Tulisan.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *